Keunggulan Digital Marketing bagi StartUp

digital marketing entrepreneur hub

Strategi marketing seperti apa yang paling pas untuk era digital di mana segala hal dapat dilakukan dan terhubung dengan internet seperti saat ini? Digital marketing!

Sejak beberapa tahun lalu, digital marketing diprediksi akan makin berkembang di Indonesia. Terbukti, peran media digital makin besar dalam dunia marketing dengan makin maraknya penggunaan media sosial, blog, dan website. Kebanyakan pengusaha menggunakan sarana tersebut untuk melakukan brand awareness. Karena mayoritas waktu, termasuk waktu luang, dihabiskan menggunakan media digital, cara tersebut dirasa paling ampuh dan mudah untuk menjangkau masyarakat.

Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan dari digital marketing dibandingkan strategi pemasaran konvensional?

 

Promosi Lebih Mudah dan Murah

Untuk memulai usahanya, pengusaha pemula (startup) dituntut memiliki modal yang tidak sedikit, termasuk untuk kepentingan promosi hingga pemasaran. Digital marketing membantu startup dengan menawarkan sarana promosi dan pemasaran yang lebih murah. Startup tidak perlu menyediakan anggaran khusus untuk membuat brosur, spanduk, hingga membeli “halaman iklan” dengan bujet yang tidak sedikit.

Media sosial membantu startup untuk menjangkau lebih banyak audiens hingga di berbagai wilayah di dunia. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, bahkan startup dapat menggunakan beberapa media sosial dengan satu akun yang sama, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube. Cara ini sangat efektif!

Baca juga: Sukses dalam Digital Marketing, Ini Langkah-langkahnya

 

Produk Tepat Sasaran

Tidak perlu khawatir salah sasaran atau bahkan tidak menjangkau seorang pun audiens. Dengan teknologi yang ditawarkan, startup dapat memprediksi audiens yang akan disasarnya dengan memperhatikan usia, gender, ketertarikan (tren), hingga karakter yang terpampang pada media sosial. Melalui informasi ini, startup dapat membuat materi iklan hingga produk yang tepat sasaran.

Baca juga: Segmentasi Pelanggan, Bangun Bisnis untuk Pelanggan Anda

 

Informasi Real Time

 Hal menyenangkan lainnya dari penggunaan digital marketing adalah informasi real time dan relatif cepat yang dapat diterima startup. Begitu iklan, misal menggunakan video, ditayangkan, startup dapat mendeteksi berapa banyak audiens yang dapat dijangkaunya. Hal ini dapat menentukan langkah startup selanjutnya dalam melakukan penjualan. Belum lagi, interaksi dua arah secara langsung yang dapat dilakukan antara startup dengan audiensnya (konsumen). Hal ini tentu dapat digunakan startup untuk membantunya membangun hubungan jangka panjang bagi kelangsuang produk/jasa yang ditawarkannya hingga meningkatkan kualitas produk/jasanya.

E-Hub Squad, pastikan Anda memanfaatkan digital marketing dengan cara dan strategi yang tepat, ya! Bagaimana pun, jika sedikit salah dilakukan, konsekuensi yang Anda terima bagi usaha Anda pun tidak sederhana.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment