Diajeng Lestari: Inovasi dan Keunikan HijUp

diajeng lestari hijup

Peka terhadap lingkungan sekitar, masyarakat, nyatanya mampu membawa seseorang memperoleh peluang usaha. Dikombinasikan dengan inovasi dan produk yang unik, bersiaplah meraih hal yang lebih besar dari sekadar kesempatan masuk pasar usaha: kesuksesan.

Bagi Diajeng Lestari, pendiri HijUp, e-commerce berbasis business to consumer (B2C) dengan konsep fashion mall yang khusus menjual fashion muslim di Indonesia, memulai usaha di bidang fashion muslim bukan sekadar menjalankan bisnis. Ada sisi peduli terhadap muslimah berhijab agar merasa lebih percaya diri terhadap penampilannya. Lebih dari itu, ia merasa ingin membuat fashion muslim Indonesia jadi lebih berkembang sekaligus memajukan perekonomian Indonesia, mengingat besarnya populasi muslim dan peluang pasar hijab di Indonesia.

Baca juga: Sukses dalam Digital Marketing, Ini Langkah-langkahnya

 Ups and Down, HijUp

Memulai HijUp pada Ramadan 2011, bukan tidak ada masalah dan kendala yang dilalui Diajeng. Di awal berdiri HijUp, Diajeng melakukan hampir setiap hal sendiri, termasuk yang terkecil seperti membeli gantungan baju. Pun, tidak jarang komentar-komentar tak sedap ia terima. Namun, setiap hal tersebut ia lalui sebagai pengalaman dan pelajaran untuk memperbaiki dan mengembangkan HijUp ke arah yang lebih baik.

 Diajeng juga berupaya menimba ilmu di bidang bisnis dengan mengikuti beberapa seminar dan kegiatan yang relevan dengan usaha yang dijalaninya. Kesempatan tersebut ia gunakan untuk belajar dari pengusaha-pengusaha lain yang telah berpengalaman.

 Diajeng rajin mengikuti beberapa seminar yang relevan dengan usahanya agar bisa belajar dari pengusaha lain yang berpengalaman.

 Tak ayal, sejak awal berdirinya, traffic statistik HijUp terus mengalami peningkatan, bahkan memperoleh source hingga dari Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, Amerika, dan beberapa negara bagian Eropa, selain Indonesia. Diiringi data penjualan yang terus meningkat, makin banyak brand lokal yang bergabung dengan HijUp. E-commerce ini memperluas produknya hingga kebutuhan pakaian anak dan produk home & living. Selain itu, HijUp jadi salah satu dari 17 situs e-commerce terkemuka, juga salah satu e-commerce fashion muslim terpopuler di Indonesia.

Baca juga: Tetap Berbisnis di Akhir Pekan, Kenapa Tidak?

Strategi Sukses

 Inovatif dan terus berinovasi menghasilkan produk-produk unik yang tidak pasaran menjadi kunci keberhasilan HijUp. Menurut Diajeng, melahirkan sesuatu yang baru dan tidak biasa adalah penting guna menghindari konsumen merasa bosan dengan produk yang terkesan itu-itu saja, selain berupaya menjadi pemenang karena tidak ada produk lain yang akan dilirik konsumen. Karenanya, HijUp selalu mengeluarkan produk-produk yang up to date, apalagi dunia fashion sangat dinamis di mana konsumen cenderung merasa bosan dalam kurun waktu tiga bulan.

Melahirkan sesuatu yang baru dan tidak biasa adalah penting.

E-Hub Squad, semoga kisah Diajeng Lestari dan startup e-commerce-nya mampu menginspirasi Anda dalam memulai dan menjalankan usaha yang Anda pilih. Apa Anda memiliki sosok lain yang mampu menginspirasi startup lain di Indonesia? Share di kolom komentar, ya!

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment