Langkah Jitu dalam Endorsement

Tren memanfaatkan endorsement kian booming dan semakin nyata dalam meningkatkan penjualan suatu produk/jasa. Tentu dengan semakin banyaknya pelaku endorsement Anda harus mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam menentukan sosok public figure atau influencer yang akan menjadi target dalam melakukan endorse produk/jasa yang Anda miliki (endorser).

Apa itu endorsement? E-hub Squad bisa melihat postingan minggu lalu ya, di Endorsement Cara Strategi Pemasaran Modern.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Data tersebut merupakan fakta yang menguatkan bahwa memasarkan produk/jasa sangatlah efektif menggunakan jejaring sosial yang ada saat ini. Tentu sayang sekali jika jika Anda melewatkan kesempatan untuk memanfaatkannya secara maksimal. Salah satu cara memaksimalkan daya lecut dari Jejaring sosial untuk pemasaran adalah endorsement. Lalu apa saja tip yang harus Anda ketahui sebelum melakukan strategi pemasaran dengan endorsement? Yuk simak E-Hub Squad!

 

Produck Knowladge
Selain jumlah followers yang banyak dari para endorser, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki pengetahuan tentang produk/jasa yang Anda miliki. Dengan pengetahuan yang baik tentu akan sangat membantu dalam menentukan endorsement. Anda perlu benar-benar memahami segmentasi, target market, dan positioning dari produk/jasa Anda. Dengan pengetahun yang Anda miliki maka dapat dengan mudah menentukan public figure atau influencer yang tepat dalam melakukan endorsement produk/jasa yang ingin Anda promosikan.

 

Rate Card Endorsement
Rata-rata , endorser sudah memiliki rate card, jadi Anda harus memilih mereka yang sesuai dengan budget promosi Anda. Namun tak jarang pula ada public figure atau influencer bersedia melakukan endorsement ,secara gratis tanpa harus membayar sejumlah uang. Hanya dengan produk/jasa yang Anda miliki mereka bisa saja mempromosikannya di jejaring sosial miliknya. Hal ini dapat terjadi jika memang produk/jasa Anda memiliki nilai jual yang tinggi dan mereka membutuhkannya, atau mungkin Anda memiliki link menuju public figure atau influencer tersebut.

 

Ikuti Aturan
Biasanya endorser sudah memiliki pengaturan masing-masing. Maka penting bagi Anda membaca aturan secara saksama, agar promosi yang dilakukan dapat berjalan secara maksimal dan Anda tak merasa dirugikan. Biasanya, ada bentuk perjanjian kapan dan jam berapa posting endorsement akan dilakukan oleh para endorser. Tak jarang pula untuk caption diatur sedemikian rupa oleh endorser yang membuatnya. Jadi bagi Anda tentu harus memilih timing yang tepat kapan barang di-post. Jika caption harus Anda yang merancang, buatlah caption yang menarik orang agar siapapun yang membaca akan kepo (penasaran) dengan barang/jasa yang Anda tawarkan.

Itulah sedikit tips yang bisa Anda praktikkan untuk melakukan endorsement ya, E-Hub Squad. Mari maksimalkan strategi pemasaran modern dan rasakan manfaatnya.

 

Related posts

Leave a Comment