Tetap Berbisnis di Akhir Pekan, Kenapa Tidak?

tetap berbisnis di akhir pekan

Akhir pekan cuma bersantai dan bersenang-senang? Bagi sebagian orang mungkin itu pilihan. Namun, ada pula yang memilih untuk melakukan aktivitas positif, apalagi jika memperoleh penghasilan tambahan.

Padahal, di akhir pekan banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Di waktu ini, banyak orang memilih untuk bersenang-senang dan bersantai. Terbayang apa saja idenya untuk menggaet peluang pasar ini?

Bisnis Tanpa Modal

  • Memiliki keahlian di bidang komputer, bahasa, atau pelajaran tertentu, Anda bisa memanfaatkan waktu dan peluang akhir pekan untuk memberi layanan les private. Selain bisa menyalurkan kemahiran dan memperoleh penghasilan, les private nyatanya tidak akan memakan banyak waktu Anda.
  • Suka menulis atau menyunting naskah? Menikmati akhir pekan sambil melakukan hal yang Anda senangi, seperti menjadi penulis atau editor lepas, untuk sebuah situs atau karya tulis terbaru (novel) tentu sangat menyenangkan.
  • Banyak orang memilih waktu akhir pekan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan atau acara lainnya. Bersyukur Anda paham betul cara menggunakan kamera atau membuat video dan mengolah hasilnya jadi sebuah karya yang keren. Jangan lewatkan peluang ini untuk menjadi fotografer atau videografer lepas.
  • Berkembangnya minat masyarakat untuk melakukan short travelling bisa menjadi peluang Anda untuk bersenang-senang tanpa mengeluarkan uang, malah memperoleh penghasilan. Pastikan Anda mengenal betul lokasi yang akan menjadi destinasi karena Anda akan menjadi “tour guide”.
  • Jasa titip beli bisa jadi alternatif lain bagi Anda yang hobi bersenang-senang dan “berselancar” dari satu mal ke mal lain. Pun, Anda bisa melakukan ini saat melakukan travellingke kota-kota tertentu, di dalam maupun luar negeri.

 

Bisnis dengan Modal

  • Garage sale bisa jadi pilihan Anda. Untuk memperbanyak jumlah dan variasi barang yang akan dijual, coba ajak teman-teman untuk mengumpulkan barang-barang second (preloved), seperti baju, tas, sepatu, atau aksesori, dengan kondisi masih sangat baik. Selain di halaman rumah, bisa juga Anda mencoba melakukannya di bazar komplek yang biasa diadakan hari Sabtu/Minggu pagi.
  • Bagi penggiat kuliner, akhir pekan bisa Anda manfaatkan untuk menerima pesanan makanan atau kue untuk kebutuhan konsumsi arisan atau kumpul keluarga. Nah, untuk skala yang lebih besar, Anda bisa membuka “lapak” atau menyewa tempat.Berjualanlah makanan di bazar atau tempat nongkrong yang biasa banyak dikunjungi orang, entah di pagi atau malam hari. Untuk yang kedua ini, coba pilih menu yang tidak terlalu berat, seperti camilan dan minuman segar.

E-Hub Squad, apa pun ide bisnis akhir pekan yang Anda pilih, coba maksimalkan penggunaan media sosial untuk mengiklankan “produk” Anda. Jangan lupa untuk membuatnya semenarik mungkin sehingga banyak yang melirik dan tertarik, ya! Selamat “bersenang-senang” di akhir pekan!

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment