Riset Pemasaran, Seberapa Pentingkah?

riset pemasaran

Pemasaran bukan sekadar cara memasarkan produk atau bagaimana agar produk kita bisa laku di pasaran. Lebih dari itu, pemasaran adalah sebuah strategi dari sebuah produk: Berangkat dari ide.

E-Hub Squad, pastikan Anda tidak melewati sebuah tahap dari pemasaran, yaitu riset. Mengapa? Riset adalah inti sebuah bisnis. Sebelum membuat produk, pertimbangkan terlebih dahulu tentang riset pemasaran yang akan menentukan bagaimana Anda menciptakan produk yang dibutuhkan oleh pasar, bukan memaksakan produk Anda agar diterima pasar.

Hasil dari riset pasar ini kemudian Anda olah jadi ide bisnis. Selain itu, Anda juga bisa menentukan strategi pemasaran yang kemudian Anda bangun potitioning-nya (brand building), kemudian disusul rencana pemasaran lainnya. Bagaimana sebuah riset pasar dilakukan?

 

Survei

Cobalah Anda gali kondisi pasar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya melalui survei dengan menggunakan angket, kuesioner, atau wawancara langsung dengan masyarakat. Dari situ, Anda bisa lebih memahami minat dan kebutuhan konsumen yang diwakili dari hasil survei yang didapatkan di lapangan. Makin luas jangkauan masyarakat yang Anda survei, makin valid hasil yang akan diperoleh. 

 

Amati Perkembangan Pasar

Anda bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini. Amati tren yang berlangsung dan produk-produk yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya membuat sebuah produk. 

 

Uji Coba Pasar

Jika Anda sudah mantap untu memasarkan produk baru, jangan terburu-buru. Lakukan terlebih dahulu uji coba pasar di beberapa lokasi usaha untuk mengetahui tanggapan pasar. Misalnya, titipkan produk Anda di toko-toko atau warung yang ada di sekitar Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui respons pasar untuk menyempurnakan produk Anda sebelum ditawarkan ke pasaran yang lebih luas. 

 

Perhatikan Tingkat Persaingan Pasar

Sebelum memasarkan produk, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat persaingan yang ada di pasaran. Tawarkan produk dengan inovasi baru agar produk Anda tidak kalah bersaing di tengah pasar yang sudah ramai.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment