Sukses dalam Digital Marketing, Ini Langkah-langkahnya

digital marketing

Bagaimana Anda mulai memasarkan produk Anda? Melalui kanal apa? Pastikan Anda tidak ketinggalan untuk mengambil manfaat dari dunia digital. Ya, pemasaran digital (digital marketing)!

Nyatanya, digital marketing jadi sarana yang sangat mudah dijangkau oleh sebagian besar startup. Banyak startup yang bahkan memulai pemasaran mereka melalui kanal digital, walaupun lebih menitikberatkan pada media sosial dibanding mengembangkan website.

Alasannya?

Selain biaya yang murah dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam melakukan set-up, media sosial dianggap lebih mampu untuk secara langsung meraih end-user dengan jangkauan yang lebih luas. Hal penting yang perlu diperhatikan, usaha yang memanfaatkan media sosial harus ikut berkembang secara dinamis mengikuti tren agar tidak ketinggalan zaman.

E-Hub Squad, jika Anda ingin memulai melakukan pemasaran melalui kanal digital, pastikan beberapa tip berikut Anda jalankan dengan baik.

Beriklan di Media Sosial

Coba buat iklan yang menarik dan terencana dengan baik, memiliki target audiens yang jelas, dan sesuai dengan area yang hendak Anda jangkau. Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan iklan usaha. Selain biayanya terjangkau, Facebook menawarkan Anda petunjuk untuk membuat iklan yang efektif. Tak hanya itu, Facebook pun memberikan Anda alat analisis secara gratis untuk melacak hasil iklan yang Anda pasang dan menyempurnakannya untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Website Anda

Anda harus menjadikan usaha dan website terus berjalan mengikuti tren yang ada. Posting konten-konten yang relevan dan sesuai dengan minat pasar secara reguler untuk meningkatkan hasil peringkat di mesin pencari. Buatlah website yang memiliki desain responsif dan bisa beroperasi secara optimal pada perangkat mobile sehingga pelanggan bisa secara bebas bisa melakukan transaksi menggunakan perangkat apapun. Sekitar 71% pengguna internet mengakses dari perangkat mobile atau ponsel mereka, di mana para pengguna menghabiskan rata-rata 86 menit dalam sehari mengakses internet melalui perangkat mobile.

Sekitar 71% pengguna internet mengakses dari ponsel mereka dan menghabiskan rata-rata 86 menit dalam sehari mengakses internet melalui perangkat mobile.

Menurut Google, pencarian terbanyak dilakukan oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada dekstop. Karena pencarian banyak dilakukan untuk menemukan bisnis atau usaha lokal, maka hasil pencarian Google sekarang dioptimalkan untuk pencarian lokal. Anda bisa memulai optimasi mesin pencari lokal (local search engine optimization—LSEO) dengan mencantumkan alamat usaha Anda pada direktori pencarian lokal. Pastikan bahwa nama, alamat, dan nomor telepon informasi usaha Anda terdaftar dengan cara yang sama pada daftar Google My Business, website Anda, dan direktori pencarian lokal lainnya.

 

Video Online

Video online menjadi salah satu cara meraih pertumbuhan cepat dalam digital marketing. Enam dari 10 marketer menggunakan video online untuk memasarkan usaha mereka dan jumlah ini akan terus bertambah. Buat video yang menunjukkan pelanggan cara untuk melakukan sesuatu atau membantu memecahkan masalah (tutorial), interview dengan pakar atau ahli, atau bahkan liputan event dalam industri yang Anda geluti. Posting video tersebut pada media sosial, YouTube, dan website Anda.

 

Enam dari 10 marketer menggunakan video online untuk memasarkan usaha mereka.

Nah, E-Hub Squad, jangan lupa untuk menganalisis keseluruhan upaya digital marketing Anda. Cari tahu strategi lain yang bisa meningkatkan usaha Anda sehingga memberikan pengembalian investasi yang Anda targetkan.

Editor: Shelvy Dwi Citra

Related posts

Leave a Comment