Kiat Sukses Memasarkan Produk

memasarkan produk

Pakar pemasaran ternama, Seth Godin, mengatakan bahwa biaya iklan yang besar belum tentu memberi hasil yang besar. Apa yang akan Anda lakukan?

E-Hub Squad, setiap entrepreneur sukses di era ini menyadari bahwa teknologi, melalui internet, telah mengambil alih cara-cara pemasaran konvensional. Dunia memang berubah dan strategi pemasaran konvensional telah banyak ditinggalkan. Jika Anda, pemilik usaha, tidak dapat menyesuaikan diri dan usaha Anda dengan kondisi ini, jangan harap dapat menjadi pemenang di pasaran. Lantas, bagaimana agar produk kita dapat dipasarkan secara “ampuh”?

Berikut kiat memasarkan produk yang diberikan Seth Godin.

 

Internet = Yes

Buat apa membuang anggaran dan energi dengan strategi pemasaran konvensional jika nyatanya hanya dengan internet Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dan dengan biaya relatif murah? Buat strategi pengenalan produk yang sederhana namun “cerdas” sehingga mengundang perhatian banyak orang. Contoh menarik adalah iklan Will it Blend di Youtube. Blendtec mampu menaikkan penjualan blender mereka dengan video yang menunjukkan blender mereka mampu memblender apa pun, termasuk iPhone. Video ini menjadi viral dan hanya dengan iklan seharga iPhone, mereka mendapatkan penjualan jutaan Dolar.

 

Pelanggan dan Emosi Mereka

Mau atau tidak, saat memasarkan produk, Anda harus menyadari sebuah fakta bahwa Anda tidak dipedulikan oleh pelanggan. Siapa pun yang me-repost sebuah merek, bukan melakukannya karena merek tersebut tapi karena bangga bahwa merek tersebut merepresentasikan mereka. Pelanggan mungkin tidak akan memedulikan merek Anda. Namun, komitmen Anda terhadap sesuatu yang dipedulikan oleh pelanggan tersebut yang bisa membuat mereka peduli.

Pastikan Anda berhasil mengkomunikasikan komitmen merek Anda, apa pun itu. Jangan lupa, sentuh emosi pelanggan dengan sesuatu yang membuat mereka merasa perlu memiliki produk Anda, bahwa produk Anda tidak tergantikan dengan merek yang lain.

 

Produk yang Hits

Segala tip dan trik pemasaran telah Anda coba tapi kesuksesan penjualan tak kunjung tiba? Coba review produk yang Anda buat. Bisa jadi, kesalahan ada pada saat awal Anda membuat produk tersebut. Sejak merealisasikan ide hingga sebelum launching, Anda harus yakin kalau produk Anda layak dibicarakan orang. Setidaknya, cari pasar atau target pasar orang-orang yang mungkin akan membicarakan produk Anda. Buat produk yang hit dan jadikan produk Anda hits di pasaran.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment