Hafiza Elvira: Sociopreuneur Muda Indonesia Inspiratif

hafiza elvira

Ada rasa bangga ketika mengetahui bahwa ternyata tidak sedikit kaum muda Indonesia terjun dalam dunia entrepreneur dan meraih keberhasilan. Tentu keberhasilan ini tidak diperoleh semudah mengeklik tombol kibor laptop. Ada rangkaian pelajaran dan perjalanan. Namun dengan bermodal niat baik, ternyata selalu ada jalan untuk menuju sukses.

Anda familiar dengan nama Hafiza Elvira Nofitariani? Ia adalah orang yang berjuang memberdayakan para penderita kusta (Orang Yang Pernah Menderita Kusta—OYPMK) pada 2010. Di tahun itu, bersama beberapa orang teman, melalui program Leadership Development Program, Hafiza yang bernama lengkap Hafiza Elvira Nofitariani, menyasar wilayah Tangerang untuk memberdayakan OYPMK. Program yang mereka gagas adalah membuat produk kreatif berupa busana muslim melalui pendekatan dan pelatihan.

 

Seiring berjalan waktu, ide entrepreneurship Hafiza berkembang. Ia belajar mengolah hasil karya masyarakat tersebut untuk dijual yang kemudian hasil penjualan dikembalikan kepada masyarakat yang berpartisipasi di program tersebut. Untuk mewadahi kegiatan ini, dibentuklah Nalacity Foundation pada 2012. Sampai saat ini, produk yang dipasarkan melalui Nalacity Foundation (nalacity.net) berkembang dari baju muslim hingga jilbab berpayet dan aksesori seperti bros.

Hebatnya, dengan kondisi keterbatasan fisik, OYPMK mampu menghasilkan karya yang bagus dan menarik. Padahal, untuk membuat satu produk saja, seperti bros, mereka membutuhkan waktu hingga dua hari, berbeda dengan orang biasa yang bisa membuat hingga lima dalam satu hari. E-Hub Squad, untuk bisa mengetahui lebih jauh tentang Nalacity Foundation, Anda bisa mencoba mengelik tautan nalacity.net.

 

Seperti Hafiza, yuk, jadi bagian yang membanggakan bangsa dengan tidak sekadar mencari keuntungan pribadi dalam hal entrepreneurship. Apa ide sociopreneur Anda, E-Hub Squad? Wujudkan dan bagi pengalaman Anda untuk dapat menginspirasi lebih banyak anak muda bangsa melalui entrepreneurhub.id.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment