Ingin Berbisnis? Channels Itu Penting!

channels canvas

Jika Anda pernah menulis business plan 75 halaman, kemudian setelah mulai menjalankannya ada sesuatu yang salah, Anda harus mengulangnya. Berbeda dengan perencanaan bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC), Anda bisa mengoreksinya lebih cepat. BMC membuat entrepreneur dan startup mempunyai waktu lebih banyak untuk menjalankan bisnis, dan menghemat waktu dalam membuat rencana.

Salah satu kolom dalam BMC adalah channels. Pada dasarnya channels adalah cara Anda menjangkau customer. Tidak hanya sebatas pada distribusi, namun hal lainnya yang membuat produk atau jasa Anda dan customer bisa bersentuhan.

Channels membantu Anda merumuskan bagaimana cara agar produk, jasa, dan nilai tambah yang Anda buat menjadi disadari kehadirannya, kemudian dibeli, dan sampai ke tangan customer sesuai dengan apa yang kita janjikan.

Channels merupakan cara yang Anda gunakan dalam menyampaikan value proposition bisnis Anda kepada konsumen secara tepat. Semakin beragam channel yang bisa Anda pilih, semakin kreatif Anda menciptakan channel penjualan, sehingga semakin besar peluang Anda unggul dalam persaingan bisnis.

 

Kategori dalam Channels

Direct: sales force, web sales, own stores.

Indirect: partner stores, wholesaler.

Awareness: tahap awal menginformasikan ke customer.

Purchase: cara-cara customer melakukan pembelian.

Delivery: cara menyampaikan value proposition (produk/jasa) kepada customer.

Evaluation: cara membantu customer mengevaluasi value proposition yang ditawarkan.

After Sales: customer support setelah terjadi transaksi.

 

Lazada, Salah Satu Channel Tepat Untuk Bisnis Anak Muda

Semakin banyak yang menggunakan Lazada sebagai tempat untuk memulai bisnisnya. Jika Anda adalah mahasiswa yang tertarik pada dunia e-commerce, Lazada dapat menjadi pilihan untuk memulai usaha secara online.

Kebanyakan mahasiswa zaman sekarang terkoneksi pada internet. Maka akan sangat tepat apabila bisnis yang baru dirintis juga dikembangkan melalui platform dalam jaringan melalui media sosial, instant messenger,  dan bahkan marketplace seperti Lazada. #KamuJugaBisa merintis bisnis apapun.

Lazada memberikan akses kepada para seller-nya untuk menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh nusantara. Kemudahan dalam memasarkan dan mengirimkan barang juga bimbingan bagi para seller untuk memaksimalkan bisnisnya juga tersedia di Lazada. Bagi Anda yang membutuhkan channel yang cakupannya luas dan mudah untuk digunakan, maka Lazada bisa menjadi pilihan yang tepat.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment