Startup World Cup 2018

Startup World Cup 2018

Beberapa kompetisi startup rutin diselenggarakan di Tanah Air. Sebut beberapa di antaranya Imagine Cup dari Microsoft, IWIC dari Indosat Ooredoo, The NextDev dari Telkomsel, dan Seedstars World. Bagi Anda founder startup Tanah Air, bisa juga mencoba kesempatan untuk mengikuti Startup World Cup 2018. Siap?

Awalnya, Startup World Cup dibuat demi memanfaatkan jaringan yang dimiliki oleh Fenox VC di berbagai negara. Secara bersamaan, mereka ingin mempertemukan para startup potensial dari berbagai negara dengan perusahaan tersebut dan investor di Silicon Valley.

Resmi diluncurkan pada Senin, 12 Juni 2017, Startup World Cup 2018 diharapkan mendapat lebih banyak atensi dari para founder startup sehingga peserta ajang ini meningkat hingga lima kali lipat dibanding ajang pertamanya. Jangkauan dan jumlah peserta pun akan ditambah.

Akan ada 30 acara regional (jauh lebih banyak dibanding kompetisi di tahun 2017 ini yang hanya mencakup lima belas wilayah) di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia, sementara Grand Finale akan diselenggarakan di Silicon Valley. Seperti kompetisi serupa yang diadakan di tahun 2017 ini, Startup World Cup 2018 akan kembali menghadirkan hadiah utama berupa dana investasi sebesar US$1 juta (sekitar Rp13 miliar).

Startup World Cup merupakan serangkaian konferensi dan kompetisi untuk menjembatani ekosistem startup di seluruh dunia. Didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf). Di Indonesia, program ini menghadirkan roadshow di delapan kota, yaitu Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Bali, Makassar, dan Batam, mulai 16 Juli‒12 Agustus. Bekraf berharap dapat mendorong perkembangan para startup dari luar Jakarta.

Berbeda dengan roadshow tahun lalu yang hanya berisi kompetisi pitching, kali ini Fenox VC dan Bekraf akan melengkapinya dengan sesi mentoring. Mereka pun berusaha menggandeng komunitas startup lokal yang nantinya akan mengumpulkan para startup dalam setiap roadshow tersebut. Mentoring tersebut akan dilakukan oleh Fenox VC bersama Bekraf guna meningkatkan kualitas startup lokal yang ada di berbagai kota tersebut.

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment