Mencoba Peruntungan dari Bisnis Parsel Musiman

bisnis parsel musiman lebaran

Saat Ramadan, tiba-tiba banyak orang mencoba peruntungan bisnis, mulai dari usaha kuliner untuk buka puasa, fashion muslim dari anak hingga dewasa, juga parsel musiman saat menjelang  Lebaran. Untuk yang disebutkan terakhir, apakah masih banyak yang menjalaninya?

Memang, Pemerintah memberlakukan suatu larangan bagi pegawai negeri untuk menerima parsel. Namun, kebijakan tersebut tidak lantas membuat bisnis parsel mati begitu saja karena pada nyatanya masih banyak masyarakat yang membutuhkan parsel untuk kepentingan lain. Nah, masih terbuka peluang kan?

Bisnis parcel sebenarnya terus ada sepanjang musim. Artinya, tidak hanya ada pada saat Natal, Tahun Baru, maupun Lebaran. Namun memang, bisnis ini meraih lonjakan pendapatan pada momen-momen tersebut. Tak heran jika banyak orang mencoba peruntungan musiman dengan bisnis parsel, seperti momen Lebaran saat ini. Jika Anda ingin mencobanya, pastikan beberapa hal berikut ada dalam genggaman agar bisnis parsel musiman Anda dilirik pasar hingga berbuah hasil yang manis.

 

Untuk Siapa?

 

Tentukan produk Anda akan digunakan oleh siapa. Misal, Anda ingin produk yang bisa digunakan oleh kalangan wanita, menengah atas, suka dengan barang elegan. Jika demikian, Anda bisa mencari gelas, piring, cangkir, sesuatu yang terlihat mewah dan menarik untuk produk parsel Anda. Bisa juga, Anda bekerja sama dengan home chef yang bisa menghasilkan kue-kue atau cookies unik nan enak sesuai selera sasaran Anda. Alternatif lain, Anda bisa membuat parsel dengan produk makanan sehat..

 

Jika Anda ingin menyangsa kalangan menengah, cari produk yang lebih sederhana tanpa mengurangi kualitasnya. Misal, Anda bisa menjual parsel berisi makanan kemasan dan sirup, atau makanan siap saji seperti abon ikan dan sambal cakalang. Bisa juga parsel berisi kerudung atau hijab, sarung, dan sajadah.

 

Kemasan yang Unik

 

Kini parsel tidak lagi dibuat dalam bentuk keranjang. Banyak kemasan boks dijual di pasaran. Pastinya, setelah menentukan akan menyangsa pelanggan dan dengan produk seperti apa, Anda bisa mendapat gambaran tentang kemasan dari parsel yang akan Anda jual. Selain menentukan ukurannya, jangan lupa buat kemasan dengan nuansa yang tepat sesuai momen yang sedang berlaku. Misal momen Lebaran, buat kemasan dengan nuansa sulur-sulur dan ketupat Lebaran.

 

Promosi dan Penjualan

 

Kapan waktu terbaik untuk memulai promosi bisnis Anda? Setidaknya 3 bulan sebelum Ramadan, Anda sudah melakukan survei pasar mengenai target pelanggan dan produk yang akan Anda jual. Selanjutnya, Anda bisa coba membuat contoh produk dan melakukan promosi di sebulan sebelum Ramadan. Selain menggunakan kekuatan mouth to mouth ke teman-teman, Anda bisa coba promosi pada akun sosial media seperti Instagram dan Facebook, juga WhatsApp Group. Biasanya permintaan akan meningkat saat pertengahan Ramadan. Hal ini tentu berkaitan dengan momen THR.

 

Nah, apa Anda siap untuk mencoba peruntungan dari bisnis parsel musiman berikutnya?

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment