Tayangan Video Iklan Penting Untuk Bisnis

video iklan facebook

Seiring berkembangnya sebuah bisnis, diperlukan sarana beriklan yang tidak hanya efektif biaya tetapi juga tepat sasaran. Nyatanya, di era mobile seperti saat ini, masyarakat cenderung lebih mudah melihat tayangan video iklan  melalui smartphone mereka, alih-alih media televisi. Manfaatkan peluang ini untuk bisnis Anda!

Satu hal yang penting untuk diperhatikan bagi Anda, pemilik bisnis, yang ingin membuat iklan, masyarakat tidak lagi menonton iklan dengan lama seperti dulu, pada media apa pun. Karena masyarakat dapat menonton apa pun kapan pun, mereka hanya akan menonton iklan video yang menarik, sesuai dengan waktu mereka dan yang memiliki relevansi secara langsung.

 

Sebagai gambaran, Anda bisa mengintip kesuksesan video iklan dari Nutrisari, Lazada Indonesia, dan Blibli.com dari Facebook sebagai berikut.

  1. Bangun merek baru, dalam bentuk singkat, mobile creative. Pastikan video mendapatkan perhatian orang-orang dan menceritakan kisahnya meskipun hanya dalam beberapa detik awal untuk ditonton. Gunakan perangkat mobile, teknik, dan gaya asli untuk menggaungkan konten organik yang orang-orang sukai.
  2. Susun ulang untuk menguji dan ukur iklan dalam waktu mingguan, bukan setiap 6 bulan sekali. Bangun organisasi yang bisa memberikan kualitas kreatif dengan harga murah dan dalam waktu singkat. Selaraskan tim kreatif, pengukuran, dan media untuk saling terhubung dan bekerja sama sebagai satu tim.
  3. Jangan coba menyamakan platform yang berbeda. Setiap format mobile yang baru (misalnya News Feed, Stories, Ad Breaks, TrueView) memiliki ekspektasi dan perilaku konsumen yang berbeda-beda. Hati-hati salah dalam menyetarakan atau membuat standar di antaranya yang dapat membutakan organisasi Anda dengan sifat unik mereka. Misalnya, jeda iklan 10 detik memerlukan materi kreatif yang berbeda dari sebuah video dalam feed yang mungkin dilihat hanya selama 6 detik oleh kebanyakan orang, tapi selama 30 detik bagi 10% dari audiens. Facebook bukan Youtube, Youtube bukan Search, Search bukan Snapchat.
  4. Ukur hasilnya, bukan detik.Memang benar bahwa dunia baru ini kompleks, tapi ini merupakan investasi yang layak untuk dipetakan. Untuk melakukan pengintaian digital ini, sangat penting mengukur nilai bisnis dan hasil dari basis per-kreatif, per-platform, per-audiens. Kemampuan pengiklan untuk mengukur hal yang benar dengan tepat akan menjadi prediktor terbesar kesuksesan iklan mobile.

 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan sebelum mengunggah video iklan adalah sebagai berikut.

  1. Pahami setiap perilaku konsumen dengan insight lengkap yang diberikan oleh penerbit, termasuk Facebook, bukan hanya metrik top-line.
  2. Mobile platform seperti Facebook harus membantu pengiklan membandingkan dan mengevaluasi secara sangat cepat dampak setiap format mobile baru, untuk merek, respons secara langsung, dan gabungan keduanya.
  3. Buat kisah-kisah bermakna dan emosional dalam bentuk singkat.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment