Early Warning System untuk UMKM yang Lebih Berdaya Saing

umkm

Indonesia akan memasuki era pasar bebas Asia Pasifik pada 2020. Karenanya, persaingan usaha akan makin sengit, terutama di tingkat global. Apakah UMKM yang Anda miliki telah berdaya saing tinggi?

Pasar bebas menjadi tantangan sekaligus peluang. Untuk memenangkan persaingan, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah mau tidak mau harus selalu melakukan restrukturisasi usaha, mulai dari penataan sistem, strategi, dan manajemen bisnis. Makin sehat, UMKM makin mampu bersaing di tataran global hingga pada akhirnya bisa mendongkrak kontribusi ekspor.

 

Saat ini, kontribusi ekspor Usaha Mikro Kecil dan Menengah dinilai masih kecil, baru Rp182,1 triliun atau 15,68 persen dari total ekspor nasional. Padahal, jumlahnya di Indonesia sangat besar, mencapai 99,9 persen total pelaku usaha nasional. Pelaku UMKM nasional memiliki potensi besar untuk kekuatan ekonomi, namun secara internal masih menghadapi banyak masalah, mulai dari sumber daya manusia, bahan baku, pembiayaan, hingga tingginya biaya produksi. Inilah yang mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUMKM) akan meluncurkan aplikasi early warning system dalam menganalisis kondisi mereka.

 

Rencananya, aplikasi tersebut akan diluncurkan Agustus tahun ini guna meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Aplikasi yang dirancang untuk menganalisis kinerja ini juga akan dilengkapi standar operasional dan prosedur (SOP) untuk membantu UMKM menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah terkait juga akan mendapatkan fasilitas pendampingan, sesuai hasil analisis kinerja.

 

Hingga akhir tahun ditargetkan sedikitnya 450 Usaha Mikro Kecil dan Menengah di 10 provinsi sudah menggunakan aplikasi yang bisa diakses siapa pun di mana pun ini. Pemilihan UMKM akan dilakukan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah masing-masing provinsi, salah satu provinsi sasarannya adalah Jawa Barat.

 

image via nusakini.com

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment