TELKOM Dukung Akselerasi Ekonomi Digital

akselerasi ekonomi digital

Dalam era di saat semua hal bergerak sangat cepat dengan dukungan teknologi, dibutuhkan inovasi yang sama cepat dan hebatnya untuk bisa menandingi hal tersebut. Hingga 20 tahun lalu, ekonomi digital tak pernah terbayangkan.

Indonesia dikategorikan sebagai negara berkembang dalam konteks kesiapan industri digital. Perkembangan ekonomi digital di Indonesia memiliki posisi yang penting sebagai salah satu pasar yang berpotensi terbaik di Asia. Beberapa indikasi makro ekonomi menyatakan bahwa saat ini terjadi pergeseran pasar yang mengindikasikan potensi lompatan besar ke arah digitalisasi ekonomi. Indikator tersebut antara lain:

  1. Sekitar 60 persen populasi Indonesia adalah generasi muda yang terdiri dari Gen Z dan Millennials.
  2. Penetrasi smartphone meningkat dari hanya 16 persen di tahun 2012 menjadi kurang lebih 40 persen di tahun 2015. Diperkirakan penetrasi ini akan mencapai angka 65 persen di tahun 2020.
  3. Indonesia termasuk dalam pengguna internet tertinggi di dunia dalam konteks durasi waktu yang dihabiskan. Rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 8 jam berinternet dan 3 jam berinteraksi di sosial media.
  4. Seiring dengan daya beli masyarakat yang makin meningkat, diprediksikan akan ada sebanyak 110 juta orang yang melakukan transaksi belanja online di tahun 2020, yang artinya e-commerce berkontribusi sebesar 3 persen dari total pembelanjaan ritel.

 

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TELKOM), perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, menjawab tantangan dunia digital tersebut dengan menyuguhkan produk-produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia melalui unit-unit bisnis yang ada dalam “Sebuah transformasi ke dimensi baru dunia digital, Like Never Before”. TELKOM ingin berpartisipasi secara aktif dalam membentuk masa depan industri e-commerce di Indonesia.

Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di tanah air, TELKOM terus berbenah diri dalam konteks menyediakan produk dan jasa komunikasi yang terintegrasi sehingga memberikan segala akses kemudahan tanpa batas, mulai dari penyediaan infrastruktur telekomunikasi digital, hingga layanan e-commerce yang dapat diakses secara seamless sehingga menciptakan sebuah pengalaman konsumen yang unik, memuaskan, dan belum pernah dirasakan sebelumnya.

 

TELKOM kini hadir membawa konsumen dalam sebuah pengalaman dunia digital melalui multi-platform dan saluran, di antaranya seluler, fiber, dan broadband highway. TELKOM tidak hanya menyediakan komunikasi, namun lebih dari itu memberikan real life connection kepada penggunanya. Seiring dengan itu, TELKOM saat ini telah bertransformasi dan membangun secara aktif ekosistem digital di Indonesia untuk memastikan dunia e-commerce tanah air tumbuh dan terpelihara secara berkelanjutan, baik di konteks model usaha Business to Business (B2B) maupun Business to Consumer (B2C).

 

Dukungan TELKOM terhadap Perekonomian Indonesia

 

  1. TELKOM memiliki beberapa rencana komprehensif untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, di antaranya dengan mempertajam kesiapan digitalisasi tanah air sekaligus menjawab tantangan infrastruktur penopang ekosistem digital dengan memperkenalkan Id-Access, Id-Ring, dan Id-Con. Selain itu pemanfaatan big data, digital analytics, serta rencana pembentukan solusi payment gateway yang terintegrasi dengan Himpunan Bank Negara (HIMBARA) juga terus dikembangkan.

 

  1. TELKOM berperan aktif dalam mendukung industri kecil dan menegah, industri kreatif, serta pemberdayaan talenta digital Indonesia. Tujuan dari program kemitraan ini adalah untuk mengembangkan pola pikir creative to commerce sehingga para pengusaha dan wirausaha start-up dapat terus berkembang, berakselerasi, pada akhirnya menjadi sebuah entitas usaha digital yang mumpuni. Adapun program-program yang sudah dijalankan antara lain adalan pelaksanaan creative camp (Digital Innovation Lounge-DILO) di 17 lokasi, creative centers (Bandung Techno Park, Toba, Bandung, Jogja, dan Jakarta Digital Valley), serta pengukuhan creative capital melalui Mitra Digital Innovation-MDI.

 

  1. TELKOM juga mengimplementasikan berbagai produk dan jasa unggulan yang merupakan solusi terhadap kebutuhan big datadan payment solution untuk e-commerce. Solusi analisis big data diakomodasi melalui brand U Data Solution dan U Data SocMed. Sementara Payment Solution diakomodasi melalui portal Finpay, di mana proses pembayaran dapat diakses secara mudah oleh konsumen melalui sistem pembayaran terintegrasi Finnet. TELKOM juga tak ketinggalan dalam penetrasinya dalam segmen bisnis online shop atau marketplace. Melalui joint venture antara TELKOM dan eBay, BLANJA.com hadir memberikan pilihan produk tanpa batas kepada masyarakat, mulai dari UKM Asli Indonesia hingga lebih dari 500 juta produk dari seluruh dunia. Ini menjadikan BLANJA.com sebagai marketplace dengan jumlah produk terbanyak di Indonesia

 

  1. Khusus untuk pengembangan dan pemberdayaan UKM di Indonesia, TELKOM juga memberikan pendampingan dan bantuan yang antara lain berupa standardisasi kualitas produk, pemilihan UKM unggulan, pendampingan ICT dan manajemen, serta pendampingan akses pemodalan (melalui program RKB); pendampingan proses logistik (inventory management–pengepakan–pengiriman); serta peningkatan kualitas literasi pembeli onlinedalam melakukan pemesanan dan pembayaran (OLO). TELKOM kini juga tengah mengembangkan sebuah e-platform logistik, yaitu LONTAR.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment