Gazan Azka Ghafara dan Manisnya Bisnis Keripik Pisang

gazan azka ghafara

Ide untuk memperoleh sebuah peluang bisnis nyatanya bisa didapat dari hal sederhana. Sesederhana keripik pisang milik Gazan Azka Ghafara. Namun, menjadikannya bisnis dengan omzet ratusan juta per bulan tentu membutuhkan dari sekadar kesederhanaan ide: Strategi Kekinian.

Siapa tidak kenal Gazan Azka Ghafara? Pengusaha muda peraih Diplomat Succes Challenge (DSC) 2016 ini mampu mengalahkan kontestan lain dalam kompetisi wirausaha ternama tersebut karena kemampuan leadership dan inovasi mekanisme promosinya. Kini, ia pun mampu membawa produk keripik pisang dengan merek Zanana Chips-nya menembus omzet ratusan juta per bulan.

 

Strategi Gazan Azka Ghafara pada Pemasaran Zanana Chips

 

Gazan mengindentifikasi bahwa sebanyak hampir 80 persen pelanggan Zanana Chips adalah wanita usia 17‒30 tahun. Mereka memiliki kecenderungan senang berbelanja online, senang ngemil dan berfoto, serta merupakan pengguna aktif Instagram. Oleh karenanya, Zanana Chips secara bertahap diperkenalkan ke masyarakat melalui Instagram, Facebook, Line, dan Twitter. Zanana Chips mencoba menempatkan dirinya dalam platform sosial media.

 

Selain itu, untuk makin memperluas jangkauan pasar dan memudahkan masyarakat memperoleh Zanana Chips, Gazan membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi reseller produknya dan membuka outlet di wilayah masing- masing. Tak tanggung-tanggung, kini jumlah reseller Zanana Chips mencapai lebih dari 600 dan tersebar di 70 kota di Indonesia, bahkan mencapai Papua, Marauke, dengan 100‒150 reseller aktif yang menghasilkan rata- rata Rp2 juta‒4 juta per bulan.
Menurut Gazan, cara menjadi reseller Zanana Chips cukup mudah. Hanya dengan membayar Rp50 ribu dan membeli sebanyak 50 bungkus Zanana Chips, reseller dapat menjual produk seberat 200 gr dengan harga Rp15 ribu. Selain itu, bagi reseller berprestasi akan memperoleh bonus. Misal, mampu menjual 250 bungkus, maka reseller akan mendapatkan bonus Rp250 ribu. Makin banyak yang dijualnya, tentu semakin banyak keuntungan yang akan diperolehnya dari hasil penjualan maupun bonus.

 

Nah, Apakah Anda terinspirasi menggunakan strategi seperti yang Gazan terapkan?

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment