Meraup Keuntungan Bisnis Katering Ramadan

bisnis katering ramadan

Banyak peluang bisnis yang ternyata bisa muncul di momen Ramadan. Katering, salah satunya. Mungkin belum banyak yang menjalaninya, padahal tidak sedikit yang membutuhkannya. Jadilah bisnis katering Ramadan yang bisa dipilih untuk dijalankan mulai tahun ini. Siap?

Selain Ramadan, bisnis katering bisa menyangsa waktu-waktu seperti makan siang, makan malam, atau dalam momen khusus seperti acara pernikahan. Dalam bulan Ramadan, bisnis katering bisa menyangsa waktu berbuka puasa dan sahur.

Kenapa sahur? Karena masyarakat saat ini menuntut segala sesuatu yang serba praktis, termasuk dalam hal menyiapkan makan. Tak heran, permintaan pesanan makanan (katering) untuk berbuka puasa maupun sahur meningkat tajam hingga 50 persen selama Ramadan.

 

Strategi Bisnis Katering Ramadan

 

Jika tertarik memulai bisnis ini, berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan sebagai strategi pemasaran sederhana.

  1. Pastikan segala hal terkait makanan yang akan disajikan memiliki mutu dan komposisi menu yang akan menjadi kekuatan bisnis Anda. Ingat, ini adalah katering sahur! Karenanya, kombinasikan menu makanan yang lezat dengan asupan gizi dan nutrisi seimbang untuk menghindari konsumen dari berbagai keluhan perut saat menjalani ibadah puasa.
  2. Sesuaikan harga dengan pangsa pasar yang akan Anda bidik. Ingat, harga bersaing tidak melulu berarti murah! Jika mengusung menu dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti nasi, sayur, dan buah organik, tidak masalah jika Anda memberi harga sedikit mahal dan menyangsa konsumen kelas atas. Namun jika belum yakin dengan konsumen yang akan dibidik, coba pasang harga yang lebih “standard” di pasaran.
  3. Di era digital seperti ini, Anda bisa menggunakan berbagai media sebagai akses komunikasi dengan mudah. Pastikan Anda menggunakan beberapa aplikasi sosial media dan instant messenger yang sering digunakan masyarakat, seperti WhatsApp, Instagram, serta Facebook, dan semuanya dalam kondisi aktif sehingga konsumen mudah menjangkau Anda.
  4. Selain dapat digunakan sebagai komunikasi, aplikasi sosial media dapat pula Anda gunakan sebagai sarana promosi gratis. Buat materi promosi yang menarik sehingga membuat orang tertarik melihatnya. Tidak ada salahnya mencoba promosi dengan adanya diskon harga atau promo lainnya sehingga orang lebih tertantang untuk mencoba layanan katering Anda.
  5. Sebaiknya, jam antar makanan dilakukan tidak terlalu jauh dari waktu sahur. Namun, jangan juga terlalu dekat mengingat waktu mendekati sahur adalah waktu orang beristirahat. Pukul 10 malam, rata-rata katering untuk sahur sudah bisa diterima oleh konsumen. Tidak perlu pusing memikirkan cara antarnya! Coba gunakan beberapa jasa layanan antar makanan yang saat ini banyak digunakan. Pastikan Anda hanya menggunakan jasa layanan antar terpercaya untuk memperkuat penilaian konsumen terhadap bisnis Anda!

 

Tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Selamat mencoba meraup manisnya keuntungan bisnis katering Ramadan!

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment