Ollie: Sukses dari Bisnis Berbasis Teknologi

ollie salsabila

Terlepas dari sisi “pisau bermata dua”-nya, teknologi nyatanya memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Apalagi, bagi mereka yang mampu melihat peluang di balik sisi positif teknologi. Tidak sedikit wirausaha yang bergelut dan menjadikan teknologi sebagai ladang bisnisnya.

Siapa tidak kenal Aulia Halimatussadiah? Wanita yang akrab disapa Ollie ini sesungguhnya menjadikan buku sebagai kegemarannya sejak kecil. Tidak sekadar membaca, ia juga hobi menulis. Namun, teknologi informasi ia pilih sebagai jurusan saat kuliah karena permintaan kedua orangtua.

Nyatanya, ia mampu jatuh cinta dengan dunia teknologi. Namun, setelah beberapa waktu bekerja di sebuah perusahaan teknologi, ia memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha. Bukan beralih, Ollie justru berwirausaha dengan menggabungkan dua hal yang menjadi kecintaannya: Buku dan teknologi.

Ollie dan Toko Buku Online

Alasannya mungkin bisa dibilang sederhana, yaitu karena sering kesulitan membeli buku secara online. Ternyata, bukan Ollie saja yang mengalaminya. Banyak orang merasakan hal yang sama dengannya. Bersama rekannya, Angeline Anthony, Ollie memulai usaha di bidang teknologi informasi pada 2006 berupa toko buku online kutukutubuku.com. Dalam perjalanannya, kutukutubuku.com menjadi salah satu toko buku online terbesar di Indonesia dengan 50.000 pengguna jasa dan memperoleh respons yang relatif bagus.

 

Penerbitan Mandiri Online

Kesulitan lain yang sering dialami Ollie adalah sistem menerbitkan buku di penerbit-penerbit besar, meskipun sebelumnya ia telah menerbitkan 15 buku di beberapa penerbit yang sama. Hal ini mendorong Ollie untuk menciptakan penerbitan mandiri dengan cetakan sesuai pesanan. Bagi pembaca, buku yang diterbitkan dapat dibaca di mana pun dan kapan pun, tanpa terbatasi oleh kapasitas baterai seperti ketika membaca melalui media buku elektronik pada laptop, telepon seluler, maupun media elektronik lainnya.

Bersama tiga rekannya, Brilian Yotenega, Oka Pratama, dan Angeline Anthony, nulisbuku.com didirikan pada Oktober 2010. Ollie mengistilahkan nulisbuku.com sebagai mitra penulis yang tidak ingin repot menghadapi prosedur penerbit arus utama. Penulis dapat memasarkan bukunya secara online tanpa harus menghadapi risiko penolakan dan mencetaknya jika ada konsumen yang berminat. Untuk pembagian royalti, sebesar 60 persen untuk penulis dan 40 persen untuk nulisbuku.com. Sementara, hak cipta tetap di tangan penulis.

 

Mendukung Wanita Wirausaha di Bidang Teknologi

Sebagian besar bidang teknologi dikuasai pria. Masih sedikit wanita yang berkiprah di bidang teknologi, apalagi menjadikannya sebagai ladang bisnis. Sebagai seorang yang sukses berwirausaha di bidang teknologi, Ollie menganggap bahwa setiap wanita memiliki drive untuk berkarya, baik melalui bisnisnya sendiri, bekerja di sebuah perusahaan, maupun melalui kegiatan sosial. Diharapkan, teknologi menjadi alat untuk mempercepat pertumbuhan kegiatan mereka tersebut.

Meskipun demikian, ada tantangan yang harus dihadapi oleh wanita Indonesia terkait keterlibatan mereka di dunia teknologi. Hal-hal sederhana seperti tidak percaya diri, enggan untuk mencoba, hingga batasan-batasan lainnya merupakan tantangan yang masih menjadi hambatan bagi wanita saat ini.

Pola pikir dan belief system yang wanita miliki bisa jadi membatasi gerak mereka di bidang teknologi. Misal, anggapan bahwa teknologi susah dan ribet akan membuat wanita tidak berani mencoba. Padahal jika mau mencoba, mereka akan mengerti betapa menyenangkan dan besarnya peluang di dunia teknologi.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment