Google Mendukung UKM Indonesia

google mendukung ukm

Tahukah Anda? Jumlah wirausaha Indonesia ternyata masih di bawah angka lima persen dari total jumlah penduduk yang ada. Masih sangat sedikit, bukan? Nah, untuk mendukung perkembangannya, ternyata bukan cuma pemerintah yang merasa perlu bertanggung jawab. Pihak swasta pun turut ambil bagian. Google, salah satunya.

Guna mendukung program pemerintah Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital di Asia Tenggara, Google mengumumkan dimulainya program pelatihan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yaitu Gapura Digital (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Berbasis Digital), pada Senin, 15 Mei 2017. Program ini merupakan kelanjutan dari program Gapura yang sudah dimulai sejak 2014 dan menjangkau 7.000 UKM di 6 kota di Indonesia.

Gapura Digital Memberi Pelatihan Bisnis

Pada program Gapura, pertemuan hanya dilakukan satu kali dan dalam bentuk seminar. Sementara pada Gapura Digital, pertemuan dilakukan setiap pekan, dalam bentuk kelas-kelas sesuai kebutuhan peserta, mulai dari pelaku yang baru go online, sudah go online dan ingin mengembangkannya, hingga kelas khusus.

Tema-tema pelatihan pada Gapura Digital pun makin beragam, mendalam, dan relevan dengan tuntutan era digital, seperti panduan dunia digital, memanfaatkan Google untuk bisnis, tip situs web yang efektif, pengenalan SEO dan SEM, serta membangun merek lewat video. Melalui program ini, pelaku usaha dilatih memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya.

Gapura Digital akan digelar hingga akhir tahun ini dan diselenggarakan di 10 kota besar di Indonesia. Kelas pertama akan diadakan pada bulan Mei di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, bekerja sama dengan sejumlah penyedia co-working space di kota-kota tersebut. Kelas-kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan. Selain mendatangkan pengajar dari tokoh-tokoh UKM yang sudah sukses menggunakan digital di kota setempat, program ini dipastikan bebas biaya. Pelaku UKM yang tertarik cukup mendaftarkan diri dan memilih jadwal serta kelas sesuai kebutuhannya.

Cara Mendaftar Workshop Gapura Digital

Bagi pelaku usaha yang berminat mengikuti pelatihan ini, bisa mendaftarkan diri melalui g.co/gapuradigital. Pilih lokasi pelatihan dan tema apa yang diinginkan. Setelah mengikuti serangkaian pelatihan ini, pelaku usaha bisa bergabung dengan Komunitas Bisnis Grup. Komunitas ini menjadi wadah untuk kopi darat juga mengambangkan pelatihan-pelatihan swadaya yang dibutuhkan.

Google Bisnisku

Selain Gapura Digital, Google juga menghadirkan layanan situs gratis untuk pengguna Google Bisnisku. Layanan ini merupakan yang pertama ada di Indonesia. Kehadiran layanan ini tak lepas dari jumlah pelaku bisnis yang memiliki situsnya sendiri. Layanan ini dapat diakses oleh semua UKM yang telah mendaftarkan bisnis mereka di Google Bisnisku.

Cukup dengan smartphone, pemilik bisnis dapat dengan mudah membuat situs yang terlihat profesional dan bisa diakses secara cepat di semua peranti. Dalam situs ini, pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi lebih banyak tentang bisnis mereka seperti informasi lokasi toko, cara membuat janji, hingga reservasi. Namun saat ini belum tersedia fitur yang bersifat transaksional yang dapat dilakukan dalam Google Bisnisku.

Google Mendukung UKM

Riset Deloitte Access Economics menunjukkan bahwa internet bisa meningkatkan pendapatan pemilik UKM hingga 80 persen. Dengan lebih dari 55 juta UKM berkontribusi terhadap 60% GDP dan hampir 97% lapangan kerja di Indonesia, sektor perekonomian ini jelas memiliki potensi yang besar.

Seiring dengan perkembangan jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan internet untuk mencari informasi dan menemukan produk serta tempat-tempat baru, mencapai lebih dari 100 juta, Google berharap bahwa Gapura Digital dapat membantu mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia dengan cara memastikan para pemilik UKM memiliki kesiapan untuk berkembang di lingkungan bisnis yang makin mengarah ke dunia digital.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment