Rencanakan Pemasaran dan Iklan Ramadan Tahun Ini!

rencanakan pemasaran ramadan dengan facebook

Media sosial memberi lebih banyak jalan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Momen seperti saat ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan Anda melalui iklan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Siapkan dan rencanakan pemasaran dan penjualan Anda jauh hari sebelumnya.

Beberapa survei, tidak diragukan, menyebutkan bahwa kecenderungan masyarakat untuk melakukan rangkaian aktivitas melalui telepon seluler, terutama mencari informasi dan berbelanja online, mengalami peningkatan khususnya menjelang Ramadan. Hal ini merupakan peluang emas bagi para wirausaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Tentunya dibutuhkan cara-cara “ampuh” agar upaya ini dapat berjalan tepat sasaran.

Rencanakan Pemasaran Sebelum Ramadan Tiba

Beberapa langkah yang harus disiapkan agar omzet meningkat.

  1. Awali promosi seminggu sebelum Ramadan. Menurut Google, masyarakat Indonesia mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan puasa sejak seminggu sebelum Ramadan. Pencarian konten ini berakhir seminggu setelah lebaran. Oleh karenanya, pastikan Anda telah menghentikan promo Ramadan beberapa hari setelah lebaran.
  2. Konten menarik tentang ibadah puasa dan makanan. Buat konten khusus Ramadan dengan memasukkan elemen di bulan puasa agar lebih mudah ditemukan. Google menyebutkan pencarian kata-kata seperti “amalan Ramadan” naik 12 kali lipat, sedangkan kata-kata “hal-hal yang membatalkan puasa” naik 9 kali lipat. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai makanan, misalnya menu untuk berbuka puasa atau menu untuk sahur. Menurut Google, kata-kata seperti ini naik 4 kali lipat. Pencarian tersebut biasanya memuncak mulai pukul 12:00 siang sampai pukul 15:00 sore.
  3. Gunakan konten video menjelang lebaran. Jangan lupa konten video hiburan yang berkaitan dengan Ramadan untuk mempromosikan sesuatu. Menurut Google, pencarian video melalui mobile meningkat sebanyak 13% saat Ramadan.
  4. Optimalkan promosi pada perangkat mobile. Ramadan juga dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Ada lima jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian saat Ramadan, yaitu pakaian, tiket transportasi, smartphone, pulsa telepon, dan perangkat elektronik. Jika Anda ingin menjual barang-barang tersebut, jangan lupa untuk memanfaatkan promosi di mobile.

Rencanakan Pemasaran dengan Strategi Online

Selain itu, pertimbangkan untuk menjangkau konsumen selama Ramadan dengan memanfaatkan semua saluran pemasaran yang berfokus pada performa untuk mendorong hasil bisnis. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Bangun kesadaran lewat iklan video dan iklan carousel dalam menyambut musim puasa. Orang-orang mulai mencari inspirasi di Facebook semenjak April, sehingga perlu untuk membangun merek dan tetap menjadi merek yang paling diingat di benak mereka untuk mendorong penjualan. Para pemain e-commerce menemukan bahwa iklan merek upper funnel memberikan dampak positif secara langsung pada konversi dan penjualan. Lihat bagaimana Blibli.com meningkatkan pembelanjaan melalui aplikasi mereka menggunakan iklan merek.
  2. Dorong permintaan dan cari (calon) konsumen dengan iklan mobile app install, dorong orang-orang mempelajari situs Anda lebih jauh.
  3. Dapatkan pelanggan dan lakukan penargetan kembali para pembelanja yang pernah menunjukkan ketertarikan melalui Dynamic Ads. Bagi mereka yang telah mengunduh aplikasi, lakukan iklan yang dapat mendorong ketertarikan mereka untuk menggunakan aplikasi dan mencegah untuk melakukan uninstall aplikasi tersebut.
  4. Dorong transaksi dan pembelian kembali dengan penargetan Audiens Khusus, jangkau pembeli yang telah membeli dan masih tertarik pada produk Anda.

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment