Toko Online Sepi Pengunjung?

toko online

Banyak bisnis baru mengira bahwa pengunjung akan dengan mudah datang, atau datang dengan sendirinya, saat toko online (web) mereka telah dibuat. Nyatanya, diperlukan usaha lebih dari sekadar desain situs, konten, atau produk yang menarik.

Dilansir dari Verisign, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat ditempuh untuk membuat web toko online Anda naik peringkat di mesin pencari yang tentunya akan berdampak positif terhadap bisnis.

  1. Optimasi mesin pencari. Istilah kerennyaSearch Engine Optimization (SEO), merupakan salah satu langkah yang dapat membantu meningkatkan traffic ke situs atau toko online. Salah satu prinsip dasar SEO adalah penggunaan kata kunci (keyword) secara strategis pada konten web. Tujuan SEO adalah memastikan web Anda bisa ditemukan oleh orang yang melakukan pencarian dengan sebuah kata kunci melalui mesin pencari seperti Google atau Bing. Hindari penggunaan kata kunci yang terlalu sering atau justru yang jarang sekali dipakai!
  2. Optimasi perangkat mobile. Perkembangan smartphone membuat pencarian melalui perangkat mobile meningkat tajam. Traffic di perangkat mobile meningkat pesat seiring meningkatnya jumlah orang yang menggunakan gawai bukan sekadar untuk mencari informasi, tapi juga melakukan transaksi jual beli. Nah, jika situs Anda belum teroptimasi untuk perangkat mobile, Anda berpotensi kehilangan pelanggan dan penjualan.
  3. Media Sosial. Web berperan sebagai identitas online. Saat ini, media sosial merupakan identitas pelengkap sekaligus cara terbaik untuk mendorong traffic ke web. Kombinasi media sosial dan web jadi opsi cerdas untuk terhubung dengan pelanggan baru serta memperkuat hubungan dengan pelanggan lama. Namun, karakter setiap bisnis berbeda sehingga tidak bisa diterapkan pendekatan “one size fits all”. Anda perlu memetakan media sosial yang paling cocok untuk bisnis Anda. Contohnya, Pinterest menjadi pilihan tepat untuk mendorong traffic ke satu laman produk, sedangkan Facebook cocok digunakan sebagai sarana berinteraksi dengan pelanggan dan membangun merek Anda.
  4. Portal Ulasan. Banyak pelaku usaha kecil kehilangan kesempatan besar karena tidak memiliki akun di portal ulasan, misalnya Zomato, Agoda, dan TripAdvisor. Padahal, saat ini banyak pelanggan mencari ulasan mengenai produk atau layanan sebelum melakukan pembelian. Dengan demikian, portal ulasan berpengaruh karena calon pelanggan memerhatikan ulasan yang diberikan pelanggan lain. Berita baiknya, jika pelanggan menuliskan ulasan positif, bisnis Anda akan sangat diuntungkan. Namun jika ulasannya negatif, preferensi pelanggan pun akan sangat terpengaruh. Bisa dikatakan, ini merupakan pemasaran dari mulut-ke-mulut versi online.
  5. Informasi Kontak/Jam Operasional. Bila sudah melakukan semua cara di atas namun tidak mencantumkan informasi kontak, lokasi, dan jam operasional, pengunjung mungkin akan kebingungan. Laman kontak toko online yang menyediakan kotak pesan untuk pengunjung masih belum cukup. Cantumkan pula informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, e-mail, akun media sosial, dan faksimili. Untuk beberapa bisnis retail, menyajikan informasi jam buka akan mencegah datangnya calon pelanggan saat toko tutup. Hal ini juga dapat mengurangi pertanyaan dari pelanggan yang ingin tahu jam buka toko Anda, sehingga Anda dan karyawan bisa berfokus menjalankan bisnis.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment