Entrepreneur, How Do You Seize The Upside of Disruption?

entrepreneur of the year 2017

Bayangkan Anda berada dalam bangunan serupa gudang pabrik di tengah-tengah kota, menyaksikan sebuah perkebunan sayur yang berlapis-lapis ke atas, membentuk rak-rak yang sangat efisien. Di dalam setiap rak terdapat ribuan tanaman dari satu jenis sayuran yang tumbuh subur. Tak ada hama pengganggu. Ada sinar UV aneka warna, aliran air, dan sejumlah perangkat IT.

Bayangkan Anda bertemu para ahli IT yang tengah bekerja sama dengan lembaga kepolisian untuk memetakan kejahatan-kejahatan yang akan terjadi di masa depan. Mereka bahkan sudah memiliki data sampai ke tanggal, hari, jam dan lokasi kejadian. Segala variabel, mulai dari cuaca, pendapatan per kapita, lapangan pekerjaan, sampai napsu libido manusia, mereka masukkan dalam big data yang diolah untuk memprediksi kejahatan.

Sayangnya, apa yang Anda bayangkan adalah sebuah hal yang nyata adanya. Ya, sudah secepat itu teknologi bergerak! Beberapa negara sudah membuat apa yang selama ini kita anggap sebagai tontonan film, jadi nyata. Banyak hal terdampak karenanya. Segala hal terkait konvensional berubah, tergerus dengan kecanggihan teknologi: Disrupsi dan Megatrends.

Jadilah Entrepreneur yang Inovatif

Secara fundamental, disrupsi mengubah cara dunia bekerja. Baik bisnis, pemerintahan, maupun individu menanggapi pergeseran yang tidak pernah terbayangkan beberapa tahun sebelumnya. Sama halnya dengan persepsi mengenai disrupsi yang bergeser dari ancaman menjadi suatu peluang, penerimaan yang cepat terhadap disrupsi dalam inovasi dapat menjadi dampak yang sangat besar di berbagai aspek bisnis.

Sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, wirausaha adalah sumber dari setiap perkembangan ekonomi, menghasilkan pekerjaan, memperkenalkan produk dan layanan baru, dan mempromosikan kegiatan upstream dan downstream yang lebih besar. Sementara banyak entrepreneur berjuang untuk mengatasi pasar yang dinamis dan berubah, entrepreneur yang fokus terhadap masa depan menciptakan perubahan lanskap bisnis dengan memadukan teknologi dan keahlian manusia. Memprediksi masa depan karena perubahan yang terus terjadi dengan cepat memang sulit, namun wirausaha dan pemilik bisnis dapat mengadopsi pendekatan kepemimpinan yang berorientasi masa depan, meliputi pemeriksaan terhadap megatrends untuk merencanakan arah strategis perusahaannya di masa mendatang.

Beberapa praktik inovatif dapat menjadi kunci perusahaan dalam mengungkat sisi positif disrupsi. Merangkul kreativitas, semangat kewirausahaan, keragaman, dan inklusivitas akan memungkinkan perusahaan untuk menantang paradigma yang berlaku dan menciptakan model bisnis baru. Selain itu, membangun ekosistem yang kuat dan responsif serta melakukan kolaborasi yang sebelumnya tidak pernah ada juga dapat membantu memenuhi tuntutan yang terus berkembang dari konsumen.

Related posts

Leave a Comment