Sukses dengan E-Commerce? Ini Rahasianya!

Bisnis e-commerce selalu menawarkan potensi meraup keuntungan yang sangat besar. Namun untuk bisa mencapai hasil maksimal, diperlukan usaha dan kerja keras yang konsisten. Kuncinya ada pada belajar dari kesalahan dan selalu menyesuaikan diri dengan teknologi, tren, serta minat pasar yang akan selalu berubah. Agar bisa segera merasakan kesuksesan dari pertumbuhan bisnis online, berikut beberapa tip yang bisa dijalankan.

Rencanakan dengan Matang

Lakukan semua persiapan dasar dengan matang, seperti membuat perencanaan pemasaran, buat konten berkualitas, dan siapkan akun media sosial pendukung. Ingat, salah satu kesalahan awal yang sering dilakukan pengusaha e-commerce adalah kurang sabar dan ingin segera meluncurkan website atau toko online.

Fokus pada Konten Berkualitas

Bisnis e-commerce dibatasi oleh pembeli yang tidak bisa menyentuh, merasa, mencium, dan melihat secara langsung produk yang akan dibelinya. Meskipun memakan waktu yang tidak sedikit, strategi pemasaran yang menitikberatkan pada konten berkualitas sangat efektif dan sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk itu, buatlah berbagai variasi konten kreatif, berkualitas, dan SEO friendly yang melibatkan tulisan, visual, maupun video. Beberapa hal berikut bisa dilakukan.

  1. Tampilkan foto produk berkualitas tinggi yang diambil dari beberapa sudut.
  2. Berikan definisi produk secara detail disertai berbagai value yang akan didapat oleh pembeli.
  3. Berikan berbagai informasi bermanfaat dan edukatif yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan melalui artikel di toko online.

Perhatikan Kebutuhan Pembeli

Berpikirlah seperti pembeli dan cari tahu hal apa saja yang mereka inginkan, agar Anda bisa memberikan pengalaman berbelanja dan layanan yang memuaskan. Salah satu contoh pentingnya adalah dengan memberikan fitur toko online yang lengkap. Perhatikan hal apa saja yang akan memudahkan pembeli mendapatkan informasi mengenai produk dan melakukan pembelian, mulai dari kenyamanan akses versi mobile melalui smartphoneshopping cart yang mudah digunakan, hingga kemudahan perhitungan ongkos kirim dan proses pembayaran.

Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Faktanya, kebanyakan orang sangat menghargai opini teman dan secara otomatis akan lebih tertarik pada hal yang direkomendasikannya. Hal ini membuat media sosial sangat ideal untuk mendekatkan diri dengan calon pembeli potensial sekaligus meningkatkan brand awareness toko online. Manfaatkan juga media sosial untuk melihat lebih dekat hal apa saja yang sedang disukai dan diminati oleh target pasar Anda. Selain gratis, media sosial juga berguna sebagai dasar strategi pemasaran yang akan dijalankan. Selain itu, berikan pembeli kesempatan untuk menyuarakan opini mereka melalui halaman khusus review produk dan testimonial yang nantinya juga bisa mereka share di media sosial.

Bangun Database Pembeli

Mengumpulkan informasi mengenai pembeli sangat penting untuk membangun database yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan pemasaran. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan database pembeli, salah satunya adalah dengan membuat landing page khusus.

Related posts

Leave a Comment