Strategi Awal Memulai Bisnis

Siapa tidak senang meraih kesuksesan dalam bisnis yang dirintisnya? Jangan sampai semangat untuk meraih sukses jadi pudar karena banyaknya kesulitan yang harus dilalui saat mulai menjalankan bisnis. Sebagai langkah awal membangun bisnis, berikut beberapa strategi yang dapat dijalankan.

Mulai dari Hal Sederhana

Umumnya pebisnis laki-laki berpikir keras dan memilih produk yang aneh dan rumit untuk menarik minat konsumen. Sebaliknya, perempuan justru lebih memiliki ide yang sederhana namun cukup menjanjikan. Biasakan berpikir dari hal sederhana yang ada di sekitar kita. Bisa jadi peluang bisnis muncul dari hal sederhana tersebut.

Diferensiasi Produk

Sebelum memutuskan membuat bisnis, Anda sudah harus tahu produk apa yang akan dijual. Usahakan memilih produk yang berbeda dengan produk pada umumnya. Produk yang unik tidak melulu dilihat dari bentuknya. Bisa jadi keunikan dilihat dari kisah di balik pembuatan, saat presentasi, atau kombinasi produk tersebut.

Promosi

Promosi jadi hal sangat penting dalam bisnis. Meski demikian, pilih cara promosi yang paling efektif dan sesuai tren, seperti sosial media. Anda juga bisa lebih mudah memberi update kepada (calon) pembeli.

Kreatif

Biaya terbesar dalam memulai bisnis adalah untuk membangun toko dan interiornya. Hal ini bisa dipahami karena hal pertama yang dilihat konsumen adalah toko dan interiornya. Akan tetapi, jangan sampai anggaran Anda habis untuk kepentingan tersebut. Jadilah kreatif dengan menggunakan benda-benda yang murah namun unik, misal sangkar burung, pohon plastik, pot bunga, kertas bekas, dan lain-lain.

Opsi Pembayaran

Saat ini kebanyakan orang lebih memilih membayar menggunakan kartu kredit atau debit dibandingkan uang tunai. Sebagai pengusaha, siapkan berbagai alternatif cara pembayaran produk yang diinginkan konsumen. Hal ini sangat penting, terutama pada bisnis online.

Related posts

Leave a Comment