Jitu Berbisnis Menggunakan Instagram

Siapa sangka Instagram yang merupakan aplikasi berbagi gambar kini berkembang jadi salah satu alat pemasaran paling efektif dalam menjual produk. Di seluruh dunia, ada lebih dari 500 juta Instagrammers dan lebih dari 300 juta pengguna membagikan rata-rata 95 juta foto dan video setiap harinya. Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang dibagikan melalui akun Instagram. Tanpa harus menjadi desainer atau fotografer andal, konten cantik dan menarik terus hadir di Instagram. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa pelanggan melakukan konversi dibandingkan cara lain. Berikut beberapa cara paling efektif untuk menjual produk melalui Instagram sehingga calon pelanggan sulit menolak penawaran yang diberikan.

1.Rutin Posting Setiap Hari

Pemilihan foto atau gambar serta kualitasnya sangat memengaruhi kesuksesan bisnis yang tengah dijalani. Sederhananya, makin menarik gambar yang dibagikan, hal tersebut akan memperoleh interaksi (like dan komentar) yang banyak dari pengguna Instagram lain. Artinya, pesan untuk menjual produk telah tersampaikan dengan baik. Selanjutnya, yakinkan calon pelanggan melalui kalimat persuasif untuk membawanya melakukan konversi.

Usahakan agar akun Instagram yang digunakan tetap mempunyai aktivitas konsisten dengan rutin posting setiap hari. Hal ini agar follower dapat terus melihat update dan menandakan akun aktif. Namun bagaimana jika tidak terus-menerus memiliki foto yang menarik untuk dibagikan? Lakukan hal kreatif dengan membuat quote populer.

2.Jangan Abaikan Kepopuleran Hashtag “#”

Hashtag atau tanda “#” bukanlah sebuah tren sesaat yang hanya digunakan untuk hiasan. Tanda tersebut disertakan untuk membuat produk bisnis makin dikenal. Kategorikan semua posting dengan hashtag di kolom keterangan (caption) untuk meningkatkan visibilitas konten. Buat hashtag unik dan posting secara berkala. Dengan demikian, secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto produk melalui fitur pencarian Instagram.

 3.Berikan Promosi Khusus untuk Menarik Minat

Tidak ada cara terbaik untuk promosi selain dengan memberikan penawaran menarik untuk follower Instagram. Ingat, follower merupakan calon pelanggan. Untuk itu, coba berikan penawaran-penawaran yang membuat follower Instagram merasa tertarik. Misalnya, berikan promosi khusus berupa potongan harga atau bahkan gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. Jangan lupa untuk meminta pelanggan berbagi foto produk bisnis menggunakan hashtag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi itu. Hal ini bergantung pada promosi yang diberikan sesuai dengan kondisi bisnis. Pada dasarnya, strategi ini akan menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis yang sedang dijalankan.

 4.Sertakan Profil Instagram di Jejaring Sosial Lain

Berbeda dengan Facebook, pencarian profil dalam Instagram tidak begitu baik. Oleh sebab itu, jika akun kurang dikenal dan populer, tidak akan mudah untuk mendapat follower baru. Hal itulah yang menyebabkan akun Instagram sangat sedikit proses interaksi dengan pengguna lainnya. Untuk kelemahan ini, hubungkan profil secara otomatis ke Facebook, Twitter, dan Google Plus. Dengan demikian follower di situs tersebut dapat dengan mudah menemukan profil Instagram.

Bagaimana Menambah Follower Instagram?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah follower Instagram. Salah satunya melalui cara instan dengan membeli follower Instagram dari banyak penyedia jasa terkait. Namun untuk mendapatkannya, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan cara ini, jumlah follower dapat naik drastis. Namun, jangan senang karena angka follower Anda bertambah. Pastikan terlebih dahulu apakah follower tersebut aktif dan sesuai dengan target pasar? Jika memiliki anggaran terbatas untuk membeli follower Instagram, beberapa strategi efektif dapat diterapkan. Sebut saja saling mempromosikan online shop, endorse, atau membuat kontes dan game.

Related posts

Leave a Comment