Tips Bangun Bisnis Yang Tidak Bikin Cemas

Ingin memulai usaha tapi tabungan tidak banyak? Ingin berbisnis tapi modal pas-pasan? Tidak perlu khawatir, sekarang dengan modal minim hanya Rp1 juta beberapa jenis bisnis dapat dilakukan. Apa saja?

Bisnis Online

Melakukan bisnis online tidak memerlukan modal yang cukup besar. Bisnis ini makin marak berkat keberadaan situs marketplace populer dan gratis, tempat berkumpulnya penjual dalam menjajakan barangnya. Sebut saja Bukalapak.com, Tokopedia.com, dan sejenisnya. Di situs marketplace ini terdapat banyak jenis barang yang dibutuhkan dan dicari pembeli. Cukup menjadi peluang, bukan? Modal Rp1 juta dapat digunakan untuk membeli barang yang telah dipesan pelanggan dan biaya pengiriman biasanya ditanggung mereka.

 Bisnis Kuliner

Seberapa pun banyak dan jenisnya, bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Kuliner menjadi kebutuhan pokok manusia untuk tetap hidup. Bisnis kuliner yang cukup potensial pun bisa dimulai dengan modal Rp1 juta saja. Sebut saja berjualan kue dengan terlebih dahulu mencari referensi di internet. Direct selling atau secara online, pikirkan peluang yang paling mudah untuk menjalankan bisnis ini.

 Bisnis Pulsa

Di zaman seperti sekarang ini, hampir setiap orang menggunakan telepon seluler. Karena berjualan telepon seluler membutuhkan modal yang tidak sedikit, kenapa tidak mencoba bisnis pulsa? Sangat potensial untuk dijalankan. Bisnis pulsa dapat dilakukan dengan modal awal sekitar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Terlebih, aneka jenis pulsa dapat di jual saat ini. Jadi, “kue pasarnya” makin beragam karena tidak hanya pulsa telepon seluler, tetapi juga ada pulsa listrik yang bisa dijual. Untuk memulainya, coba jalin kerja sama dengan grosir pulsa terdekat.

 Bisnis Penatu

Jika senang dengan kegiatan rumahan, membuka bisnis penatu (laundry) juga sangat potensial dilakukan dengan modal minim. Tidak perlu repot membeli yang baru karena mesin cuci di rumah pun bisa digunakan. Modal yang ada bisa digunakan untuk membeli detergen serta pewangi dan pelembut pakaian. Jika berkembang, tidak menutup kemungkinan untuk membeli mesin cuci baru dan merekrut karyawan agar bisnis ini dapat berjalan dengan lebih baik.

Ternyata, bisnis dengan modal minim bisa membuat orang yang menjalankannya lebih percaya diri karena tidak perlu merasa was-was jika bangkrut atau merugi. Mental awal seperti ini justru membuat bisnis lebih cepat berkembang karena orang yang menjalankannya hanya berfokus pada satu tujuan, yaitu mencari keuntungan tanpa pusing memikirkan kerugian. Namun demikian, rasa was-was atau tidak saat memulai bisnis bukan bergantung pada besarnya modal, tetapi faktor ketepatan membaca kebutuhan pasar, pengelolaan, dan rasa memiliki bisnis.

Related posts

Leave a Comment