Bagaimana Cara Memperoleh Modal Bisnis Dengan Mudah?

Modal merupakan salah satu kunci dalam menjalankan bisnis. Banyak orang mengungkapkan bahwa untuk memulai usaha tidak memerlukan modal yang besar. Namun, hal ini bergantung pada besar dan jenis bisnis yang akan dilakukan. Pun, seiring berjalannya, modal tetap diperlukan untuk mengembangkan bisnis jadi lebih besar. Kendala yang kemudian dihadapi adalah tidak mudah untuk mendapatkan modal.

Ternyata, untuk mendapatkan modal dengan lebih mudah ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya.

Buat konsep atau cerita yang menarik. (Calon) pengusaha harus memiliki konsep bisnis yang menarik. Konsep tersebut harus mampu diceritakan juga dengan baik. Jangan terlalu bertele-tele dan lebih baik to the point. Buat pendengar bersemangat saat mendengar visi dan misi tentang konsep bisnis yang disampaikan. Biasanya, bisnis yang berpeluang memperoleh modal lebih cepat adalah yang bermanfaat atau berguna bagi orang lain.

Terkelola dengan Baik. Bisnis dengan pengelolaan yang rapi membuat investor tertarik. Para pemberi dana biasanya mencari usaha yang sudah memiliki struktur manajemen, keuangan, hingga penjualan dengan jelas dan baik. Alat-alat pembukuan Xero, Quickbooks, dan Expensify dapat membuat bisnis yang dibangun lebih terkelola dengan baik. Hal tersebut juga menekankan bahwa sang pengusaha berminat untuk mengembangkan bisnisnya.

Pisahkan dana bisnis dan pribadi. (Calon) pengusaha harus bisa memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Investor atau pemberi dana tidak akan mau mengucurkan dana pada bisnis yang mencampuradukkan dana pribadi dengan dana bisnis.

Bangun tim, termasuk mitra bisnis, yang kuat. Pengusaha tidak mungkin dapat membuat bisnisnya berkembang dengan sendiri. Dibutuhkan bantuan beberapa orang untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Investor ingin memastikan bahwa tim yang ada bisa bertahan lama dan sesuai dengan tugas yang diberikan.

Jangan andalkan investor. Banyak (calon) pengusaha berpikir memperoleh pendanaan dari pihak ketiga karena menganggap terlalu rumit untuk memperoleh modal usaha dari bank. Biasanya meminjam dana dari bank memiliki bunga yang tidak kecil, namun mungkin tidak ada salahnya dicoba. Terlebih dahulu, survei beberapa bank yang memberikan pinjaman kepada usaha kecil. Lebih baik bekerja sama dengan bank yang “ramah” usaha kecil, baik dari segi proses peminjaman dana hingga bunga yang harus dibayarkan kemudian.

Related posts

Leave a Comment