Zaskia Mecca: Jadi Pintar Gaul Setelah Berbisnis

zaskia mecca, fashion, bisnis

Menjamurnya label busana muslim dan hijab membuat istri sutradara ternama Hanung Bramantyo ini semakin bergairah melakoni profesi barunya sebagai womenpreneur. Kariernya di industri fashion muslim dimulai tiga tahun lalu. Bia, sapaan akrab Zaskia, mengajak sang kakak untuk berbisnis di sosial media, Instagram.

“Fashion adalah passion saya, awalnya setiap baju yang saya kenakan selalu jadi daya tarik orang lain. ‘Bia belinya di mana?’ Dan mulai dari situ, saya berpikir kenapa tidak dijual saja,” kenang ibu tiga anak ini. Tidak ada bisnis yang langsung berhasil tanpa kerja keras, bersama sang kakak, Bia mengaku terjun langsung membeli bahan di Pasar Tanah Abang, memproduksi, dan memasarkannya sendiri. “Awal mulai saya sendiri yang jadi admin di sosial media. Dalam sehari, laku Rp750 ribu sampai Rp1 juta. Baik komplain maupun kritikan tertuju langsung ke saya,” ujarnya tersenyum.

Membangun bisnis baginya sangat menyita waktu. Tahun kedua ialah saat-saat di mana dirinya mulai bisa melepas sistem yang sudah berjalan. “Banyak yang harus dipikirkan, saya mulai mengatur waktu sebagai istri, ibu, dan mengurus bisnis. Di sinilah tantangannya, membangun secepat kilat, namun mempertahankannya lebih sulit,” terangnya.

Tantangan lain yang ia hadapi ialah bagaimana dengan berbisnis, ia dapat kembali berkumpul dengan keluarga. “Saya berpikir bagaimana bisa meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga. Saya ingin ketika kita sukses, sukses bareng,” ucap wanita lulusan Universitas Paramadina itu.

Bisnis Mengubah Pribadinya

Siapa sangka jika wanita kelahiran 8 September 1987 ini dulunya adalah pribadi yang sangat tertutup. Meski kariernya bermula di dunia hiburan, hal itu tak lantas membuat ia pandai bersosialisasi. Karakter yang percaya diri, terbuka, dan pandai bergaul justru ia dapat sejak ia terjun ke dunia bisnis.

“Awal buka butik, saya takut menemui langsung pembeli. Jika ada pembeli, saya bisa langsung ngumpet di balik pintu,” ulasnya.

Bia mulai berekspansi dengan membuat beberapa label, di antaranya Ramayana by Zaskia Mecca, Bia by Zaskia Mecca, dan Le Madre khusus untuk ibu hamil.

Di tahun ketiga, ia mengaku hidupnya sudah berubah total. “Saya merasa tertolong dari sisi finansial dan perubahan pribadi saya. Meccanism sudah mengalami banyak perubahan. Saya tidak menilai sukses dari uang, tapi bagaimana saya bisa mengubah diri lebih dewasa, bisa bermanfaat untuk orang lain, punya banyak karyawan, dan membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya. (RMA)

Related posts

Leave a Comment