Yukka Harlanda: Berkontribusi Untuk Ekonomi Nasional Itu Epic, Bro!

yukka harlanda, inspirator, kontribusi ekonomi nasional

Menjadi pengusaha yang lahir dari generasi millineal, Yukka Harlanda mengakui ia bekerja bermodalkan passion. Kini Brodo Footwear yang ia bangun sudah mencapai tahun keenam, dengan 110 orang tergabung dalam tim di Bandung dan Jakarta.   

Pada tahap ini, Yukka menilai Brodo dalam tahapan baru. Jika dulu ia mungkin lebih fokus pada produksi, saat ini Yukka dan timnya siap untuk memasuki tahap yang lebih luas, meliputi company culture, memelihara SDM, dan keuangan. “Kami pun harus merencanakan bagaimana strategi untuk lima tahun berikutnya dan apa saja strategi untuk jangka panjang,” tutur Yukka.

Lulusan ITB Bandung itu lantas menguraikan upaya Brodo mendapatkan tempat di pasar anak muda. Ia lebih dulu melakukan riset dan menginterpretasikan data demi membaca keinginan pasar. Hasil riset tersebut dijadikannya bahan untuk mengembangkan bisnisnya, mulai dari produksi hingga bagaimana mengkomunikasikan brand mereka agar tepat sasaran.

Kualitas

Yukka menyadari, pemasaran yang oke tanpa produk berkualitas justru dapat menjatuhkan brand. Brodo Footwear sangat serius untuk terus memperbaiki kualitas. Tak tanggung-tanggung, teknologi engineered leather digunakan untuk memberikan lapisan proteksi atau membran yang berfungsi sebagai “water repellant”. Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, sepatu ini pun mudah dalam perawatan dan tahan lama. Desainnya pun cakep. Maskulin, dengan warna-warna konservatif yang cool. Harga sepatu Brodo juga terjangkau.  “Karena kami menjual via online, kami bisa beri harga yang bagus. Kami tidak perlu menyewa tempat dengan biaya ratusan juta,” ungkap Yukka.

Mencapai tahun keenam, Yukka bersyukur.  “Dulu motivasi berbisnis kami cenderung ke arah materi, namun sekarang kami melihat bahwa memaksimalkan happiness jauh lebih bernilai. Memperoleh kesempatan berkarya dan berkontribusi terhadap ekonomi menurut kami itu epic. Oleh karena itu ingin sekali Brodo menjadi ikon baru di Indonesia untuk bidang fashion,” harap Yukka.

Related posts

Leave a Comment