Tips Membangun Personal Branding Tanpa Malu-Maluin

personal branding, tips bisnis, tips personal branding

 

Jika kamu berbisnis, hampir setiap hari kamu punya kesempatan berinteraksi dengan orang baru. Baik secara profesional maupun personal. Lewat media sosial, kita berinterkasi dengan lebih banyak orang lagi. Pada saat berinteraksi itulah, kita sebagai individu, punya kesempatan memperkenalkan “brand” diri kita atau yang sering disebut dengan Personal Branding.

Pernahkah kita memikirkan atau merencanakan apa yang akan kita proyeksikan dari nama kita sebagai brand (merk)?

Praktisi PR Reza Setiawan menjelaskan,terminologi Personal Branding sendiri pertama kali dipergunakan dan didiskusikan pada tahun 1997 oleh Tom Peters, seorang penulis Amerika.  Personal Branding dipahami sebagai penciptaan sebuah asset pada seseorang ataupun individu yang meliputi kepada cara mereka berinteraksi, bentuk tubuh, cara berpakaian, penampilan serta pengetahuan mereka yang membedakan seorang individu menjadi mudah diingat dan dikenali.

Reza membagi 10 tips yang dapat membedakan kita dari yang lain dalam membangun Personal Branding:

  1. Gunakan gambar/foto yang mencerminkan diri, mendukung dan membantu kamu menciptakan brand. Bila memungkinkan gunakan saja foto personal hasil seorang fotografer profesional. Dan pastikan kamu berpenampilan rapi.
  2. Gunakan nama yang konsisten sehingga nama tersebut akan selalu melekat.

  3. Rencanakan hasil yang ingin kamu capai dalam pembentukan brand ini.

  4. Jadilah seorang ahli dalam industri kamu. Jika belum memiliki kemampuan tersebut, segeralah mengikuti sejumlah pelatihan pada bidang tersebut.

  5. Posisikan diri secara strategis di pasar. Bila memungkinkan, cari peluang yang dapat membedakan kamu dari profesional lainnya.

  6. Ciptakan sebuah situs profesional personal kamu seperti pada akun professional LinkedIn atau sejenisnya.

  7. Berikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai diri kamu. Hal ini sangat penting bagi prospek bisnis, agar mereka bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai siapa kamu.

  8. Berikan selalu informasi menarik bila memungkinkan, ciptakan blog dan tawarkan informasi menarik kepada para pembaca. Dengan hal ini, pembaca akan selalu mencari kamu untuk informasi lebih. Ingat, segala sesuatu yang kamu unggah di internet akan memiliki dampak terhadap Personal Branding.
  9. Ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial yang sesuai dengan brand. Hadiri konferensi dan seminar atau webinar dimana kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan orang baru lainnya atau Anda dapat juga mengikuti pergerakan social/social movement yang dapat memberikan dampak positif bagi Personal Branding.
  10. Belajarlah untuk menggunakan social media secara efektif dan efisien. Saat ini social media menjadi platform bisnis yang sangat berpengaruh untuk sebuah kesuksesan.

 

Semoga sukses.
Bila ada pertanyaan tambahan silahkan mention @rezasetiawan

 

Nara sumber:

Reza Setiawan
Pr Practitioner
Artikel ini diolah dari Ciptakan Personal Branding Anda Sekarang, Majalah Market+ Edisi 81 Agustus 2016

Related posts

Leave a Comment