Perkuat Bisnis Online dengan Outlet Offline

bisnis online, outlet offline, offline strategy

Sejak Agustus 2015 lalu saya mulai mencoba membangun suatu bisnis baru, berawal dari ketertarikan saya di dunia maternity dan baby, lahirlah sebuah bisnis online.

Perjalanannya selama 3 bulan dan memasuki bulan ke-4 ini sangat menarik. Memulai bisnis online memang mudah, dan lihatlah infografik diatas, betapa menariknya untuk ikut memeriahkan dunia bisnis digital di Indonesia.

Kembali ke bisnis online saya, persoalan selanjutnya yang tersulit adalah… Jualan.

Yup, inti dari semua bisnis adalah jualan, menghasilkan omzet. Masalahnya di online adalah setiap hari akan ada bisnis baru, jadi tugas pertama adalah bagaimana para ratusan juta bahkan milyaran customer itu mendapatkan kita?

Offline Strategy

Dalam kasus usaha saya diatas, saya memutuskan untuk membuka offline store, sebuah toko yang cukup besar di daerah yang cukup menantang, yaitu Kelapa Gading.

Surprisingly, dalam waktu 4 hari sejak toko tersebut dibuka, penjualannya sudah melebihi 2 bulan online store saya berdiri!

Dari sini saya belajar hal penting mengenai market di Indonesia. Kita masih dalam perjalanan beberapa tahun lagi untuk dunia digital. Membangun kepercayaan customer dengan keberadaan toko offline ternyata memiliki dampak besar.

Apakah caranya harus membuka outlet atau store yang membutuhkan modal besar?  Tidak juga. Sekarang banyak sekali bazaar-bazaar keren yang terbilang terjangkau untuk kita sewa dan kita dapat menunjukkan kredibilitas bisnis kita melalui bazaar tersebut, dan tentunya dengan tidak lupa untuk menggiring customer kita untuk mengakses online store kita.

 

Michael Tampi
@mrtampi

Co Founder Kinara

Related posts

Leave a Comment