Mau Jadi Market Leader? Fokuslah Pada User!

market leader, user, e-commerce

Potensi pasar e-commerce di Indonesia cukup menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan di masa depan. Berdasarkan data 250 ribu transaksi yang diterima e-commerce Shopee di tujuh negara Asia Tenggara (termasuk Taiwan), Indonesia menyumbang 40% dari total jumlah tersebut.  Jumlah pengunduh aplikasi mobile Shopee yang terbesar juga berasal dari pasar di Indonesia. Jumlahnya mencapai 5 juta dari total 20 juta unduhan di seluruh ASEAN.

“Dengan pengalaman serta pemahaman yang kami miliki di pasar Indonesia, kami percaya bahwa kami dapat bertahan di industri ini. Kami juga terus memperbaiki diri kami agar sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia” ujar CEO Shopee, Chris Feng.

Shopee telah menginvestasikan USD170 juta atau Rp2,2 trilyun untuk mengembangkan m-commerce di Indonesia. Tapi Chris tahu,  dana besar bukan jaminan. “Pengelolaan yang baik dan cermat adalah poin penting untuk mendapatkan hasil yang signifikan,” kata mantan managing director Zalora tersebut.

Karena itu strategi Shopee langsung menarget user, seperti program Young Entrepreneurs. Program itu ditujukan untuk mendukung wirausaha muda melalui program gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Program-program tersebut dirasa memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat.

Chris yang bertekad menempatkan Shopee sebagai market leader m-commerce di Indonesia itu menilai, ada dua tantangan terbesar. Pertama, bagaimana membangun sumber daya yang memiliki kemampuan mumpuni dalam teknologi digital. “Kita terus mendorong diri untuk terus berinovasi, bagaimana kita membangun teknologi yang dapat memberikan solusi,” ungkap Chris.

Dalam hal ini, Shopee berupaya untuk meminimalkan pekerjaan yang dilakukan secara manual, sehingga tim lebih fokus untuk pengembangan meningkatkan pelayanan.

Sedangkan tantangan yang kedua adalah bagaimana dapat bekerja sama baik dengan bank-bank di Indonesia untuk mempermudah pembayaran bagi para pelanggan. Semua itu dilakukan karena Chris melihat adanya potensi besar yang cukup menjanjikan di pasar e-commerce Indonesia.

Related posts

Leave a Comment