Achmad Zaky: Good People Bring Good Result

achmad zaky, e-commerce, entrepeneur

Merajai situs bisnis e-commerce di Indonesia tidak semudah membalikan telapak tangan, dibutuhkan sosok pemimpin bermental baja yang sigap menghadapi kendala dan tantangan. Sebagai situs marketplace online yang menduduki peringkat pertama di Google saat ini, kesuksesan zaky tidak lepas dari peran serta paraseller (pelapak) dan karyawan di Bukalapak.

Jumlah UKM yang terus bertambah, ‘memaksa’ entrepreneur muda ini untuk terus berbenah diri. Terlebih lagi saat ini dirinya membawahi sekitar 400 karyawan, nah bagaimana Ia menjaga loyalitas para karyawannya?

Manusia memang dituntut untuk melakukan hal baru, diakui Zaky dirinya pun sempat kesulitan dalam merekrut karyawan. Hadirnya investor memberi nafas kehidupan bagi Bukalapak, sokongan dana memudahkan Zaky mempekerjakan orang-orang terbaik di bidangnya. “Tadinya hitung-hitungan uang untuk merekrut, sekarang sudah lebih nyaman,” tandasnya.

Meski begitu, dirinya dihadapkan pada tantangan baru. Berbekal gaya kepemimpinan yang cerdas dan lugas, Zaky kerap memahami kebutuhan para karyawannya. “Jangan pernah mengontrol orang, biarkan mereka berkreasi. Beri mereka kesempatan berinovasi sebebas mungkin,” tutur Ayah satu anak ini.

“Biggest Challenge-nya kita butuh keberanian mencoba jalan baru. Kita sudah 400 karyawan, kita selalu menantang mereka,” tukasnya.

Gayanya menggambarkan sosok pemimpin yang easy going, ini pun terlihat pada tata ruang kantor yang santai dan homey. Konsep ini sengaja Ia buat agar karyawan bisa bekerja lebih rileks dan lepas dalam mengekspresikan ide-ide baru.

Dengan pemikiran dan gaya kepemimpinannya, maka tak heran di tahun 2016, Zaky diganjar dengan penghargaan internasional, Endeavor Entrepreneurship. Ia menilai Bukalapak telah dikenal tak hanya di dalam Negeri namun juga Negara-negara Eropa dan Amerika.

“Kita sudah dipandang sebagai global company. Itu manfaat-manfaat bergabung ke Endeavor. Ini alat (Endeavor Entrepreneurship) untuk meraih mimpi kita yang lebih besar lagi. Kita jadi lebih dipromosikan,” tambahnya.

Endeavor adalah gerakan kewirausahaan global di lebih dari 25 negara, dari Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika Utara, Afrika Selatan dan Asia Tenggara. Sejak berdiri tahun 1997, Endeavor telah menjadi pemain penting di bidang high impact entrepreneurship, memilih 1.159 high impact entrepreneur dari 735 perusahaan. Mereka menghasilkan USD 7,7 miliar dan menciptakan 506.000 lapangan kerja.

Dengan menjadi Endeavor Entrepreneur, Achmad Zaky mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan menghadiri mentor, network, talent, learning events, investor, serta Endeavor Entrepreneur lain dari seluruh dunia. Sejumlah nama besar dalam network Endeavor antara lain pimpinan tertinggi di perusahaan sekelas LinkedIn, Omidyar (network yang didirikan oleh pemilik eBay), Amazon.com, Microsoft, Google

Sebagai salah satu enterpreneur muda yang terbilang sukses, Zaky tak ingin hanya mengejar keuntungan semata dari bisnis yang Ia besarkan di Bukalapak. Namun juga mampu membantu melahirkan generasi-generasi baru wirausaha muda sehingga dapat terus mendorong perekonomian Indonesia.

Enterpreneur jangan cuma diam saja untuk membangun generasi berikutnya,” ucap suami dari Diajeng Lestari, pemilik Hijup.com itu.

Menurutnya perusahaan yang tidak berkembang adalah yang sudah merasa nyaman. “Jangan bermain aman, cari sesuatu yang beresiko. Harus paranoid, harus takut, manusia kalau tidak takut, ya tidak merasa dikejar-kejar,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Comment