10 Tips Buat Kamu yang Sedang Memulai Bisnis Kecil

tips bisnis, memulai bisnis, entrepreneur

Banyak orang berminat jadi pengusaha, namun bingung saat harus memulai. Jika kamu sudah memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat, kamu bisa menjalankan 10 tips ini.

  1. Perencanaan

Lihat sekelilingmu dan contoh model bisnis yang kamu inginkan. Pelajari, lalu tetapkan perencanaan anggaran agar kelak tidak melebihi batas kemampuan.

  1. Perbudak diri sendiri

Kamu harus siap lembur dari hari ke hari. Wajar jika di awal, pebisnis tak punya karyawan. Jadi kamu lah karyawan sekaligus pemilik usaha.

  1. Hindari Menginvestasikan Uang Sendiri

Anda boleh membobol tabungan, namun intinya, bagilah  risiko bisnis dengan rekan yang sejalan dengan Anda. Hendaknya dalam merintis usaha kecil jangan dikejar utang piutang.

  1. Membuat Waktu Lebih Berharga

Waktu sangatlah berharga maka pergunakanlah sebaik baiknya. Hargai waktumu dengan nominal uang. Misalnya, jika kamu harus membayar 10 ribu untuk ongkos kirim dan menunggu sekitar 1 minggu untuk belanja bahan baku, langsung saja datang ke toko yang mungkin perlu waktu total 3 jam. Ini akan jauh lebih efisien.

  1. Menjalin Hubungan Baik Dengan Mitra Kerja

Jangan bosan cari supplier terbaik dan bangun hubungan baik dengan mereka. Dalam bisnis,  teman menjadi lawan adalah hal yang biasa. Maka ketika bisnismu sudah memiliki cukup suplier yang sesuai anggaran, jaga mereka dengan komunikasi dan relasi yang baik.

  1. Memanfaatkan Teknologi

Perkembangan teknologi begitu cepat setiap hari. Kamu harus rajin kepo untuk tahu teknologi terbaru yang dapat membuat proses bisnis menjadi semakin efisien.

  1. Jual kelebihannya, bukan harganya

Mungkin di awal usaha, kamu frustrasi memasarkan produk/jasa bisnis. Tapi jangan pernah tergoda menurunkan harga serendah-rendahnya demi mendapatkan pelanggan. Yang penting, kamu harus yakin dengan kualitas dan bisa memberi harga yang mampu dijangkau pasar. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga dari perusahaanmu lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik. Jangan hanya memikirkan berapa untung yang akan kamu dapatkan, tapi pikirkan manfaat dan nilai apa yang diterima pelanggan,

  1. Adaptasi

Pasar selalu berubah dan sangat dinamis. Kamu harus mau terus menyesuakan diri dari hari ke hari. Tantangan yang ada ialah wahana kamu meningkatkan kemampuan diri.

  1. Inovasi

Jangan alergi melakukan perubahan dalam sistem kerja, asal lakukan evaluasi sehingga kamu tahu apa yang harus ditinggalkan dan apa yang harus ditingkatkan. Selain itu lakukan inovasi untuk produk dan jasa bisnis mu agar klien tak jenuh.

  1. Memasarkan secara konstan

Dalam bisnis, kamu tidak boleh berhenti berpromosi. Bangun relasi bisnis yang baik dengan pihak yang bisa mempromosikan bisnismu. Jangan ragu mencoba kanal promosi baik secara online atau offline, asal selalu rajin evaluasi untuk mengetahui hasil terbaik.

Ya, banyak yang harus dilakukan saat kamu memulai bisnis kecilmu. Jalani prosesnya dan nikmati tahap demi tahap pengembangan bisnismu menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

Related posts

Leave a Comment